Iklan

Iklan

Ziarah ke Makam Raja-Raja Bone, Pj. Bupati : Ungkapan Terima Kasih dan Rasa Syukur Atas Jasa Leluhur

19 April 2024, 9:01 AM WIB Last Updated 2024-04-19T02:15:59Z

Pj. Bupati Bone H. Andi Islamuddin bersama Forkopimda Kabupaten Bone saat lawatan ziarah ke beberapa makam dan situs Raja-Raja Bone, Kamis (18/4/2024)/ Foto : Sugi

RAKYATSATU.COM, BONE
- Pj. Bupati Bone Drs. H. Andi Islamuddin, MH bersama Forkopimda Kabupaten Bone menuntaskan lawatan ziarah ke beberapa makam dan situs Raja-Raja Bone dalam daerah wilayah Kabupaten Bone. Giat tersebut merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Jadi Bone ke-694.


Salah satu situs Raja Bone yang menjadi agenda lokasi pertama dalam ziarah tersebut adalah situs Manurunge Ri Matajang di Jl. Manurunge Kecamatan Tanete Riattang, Kamis (18/4/2024).


Situs ini tercatat dalam sejarah sebagai tempat munculnya Raja Bone pertama yakni Mata Silompoa ManurungE Ri Matajang.


Pada momen tersebut Camat Tanete Riattang Andi Zainal Wahyudi beserta jajaran mengemas aksi Teaterikal sejarah singkat awal mula munculnya Manurunge Ri Matajang.


Dalam kisahnya masyarakat Bone meminta kepada ManurungE Ri Matajang untuk memimpin Bone agar kekacauan pada masa itu bisa diredam.


Di lokasi kedua, Pj. Bupati Bone beserta rombongan mengunjungi makam Raja Bone ke-2 La Ummasa Petta Panre Bessie, di Jln. Jend. Ahmad Yani Watampone.


Dalam sejarah, Raja Bone ke-2 adalah pencipta alat-alat dari besi di Bone. disamping itu La Ummasa juga sangat dicintai oleh rakyatnya karena memiliki berbagai kelebihan seperti, daya ingatnya tajam, penuh perhatian, jujur, adil dan bijaksana.


Lokasi ketiga adalah mengunjungi makam Raja Bone ke-24 La Mappasessu To Appatunru Sultan Ismail Muhtajuddin dan Makam Raja Bone ke-29 La Singkeru Rukka Sultan Ahmad Idris, di Lalebbata Kompleks Masjid Tua Al-Mujahidin Jl. Sungai Citarum Watampone.


Lanjut ke lokasi keempat yakni makam Raja Bone ke-13 La Maddaremmeng dan makam Ratu Bone ke-17 dan ke-21, We Bataritoja Sultanah Zainab Zulkiyahtuddin Datu Talaga Arung Timurung, di Kompleks Pemakaman Kalokkoe Bukaka Jl. Cempalagi Watampone.


Agenda ziarah selanjutnya lokasi kelima pada pada Makam Raja Bone ke-33 La Pabbenteng Petta Lawa, di Kompleks Makam Petta Ponggawae, di Desa Matuju Kecamatan Awangpone,


Terakhir Pj. Bupati Bone beserta rombongan menutup agenda ziarah makam Raja-Raja Bone di Kecamatan Cenrana di Kompleks makam Raja Bone ke-16 La Patau Matanna Tikka, di Desa Nagauleng Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone.


Diselah giat ziarah tersebut Pj. Bupati Bone kepada awak media mengungkapkan bahwa, ziarah makam Raja-Raja ini dilakukan sebagai bentuk ungkapan terima kasih dan rasa syukur kita.


"Kita harus sadar bahwa kita tidak bisa seperti ini, tidak bisa menikmati pembangunan di Kabupaten Bone seandainya tidak ada Raja-Raja yang telah mengorbankan seluruh buah pikiran dan seluruh tenaga agar Bone ini menjadi salah satu Kabupaten yang sudah dinikmati sekarang," ujarnya.


"Saya berharap kegiatan ini harus terus dilakukan untuk mengingatkan kita bahwa ada orang-orang yang pernah berjasa pada negeri ini, dan beberapa tempat makam Raja-Raja Bone sudah kita repitalisasi," kata Andi Islamuddin. [Ikhlas/Sugi]


Komentar

Tampilkan

  • Ziarah ke Makam Raja-Raja Bone, Pj. Bupati : Ungkapan Terima Kasih dan Rasa Syukur Atas Jasa Leluhur
  • 0

Terkini

Iklan