Iklan

Iklan

Rekapitulasi Surat Suara Pemilu 2024 di Bone Rampung, Gerindra Dominasi Perolehan Kursi di Parlemen

05 Maret 2024, 11:40 PM WIB Last Updated 2024-03-06T01:42:53Z

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bone saat membacakan hasil rekapitulasi Surat Suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tingkat Kabupaten pada Rapat Pleno Terbuka di Hotel Novena, Jl. Jend. Ahmad Yani, Selasa (5/3/2024)/ Foto : Sugi

RAKYATSATU.COM, BONE
- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bone akhirnya merampungkan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Surat Suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tingkat Kabupaten, di Hotel Novena, Jl. Jend. Ahmad Yani, Selasa (5/3/2024).


Rapat Pleno dipimpin Ketua KPU Bone Yusran Tajuddin didampingi Komisioner lainnya yakni Zainal, Nuryadin, Rusnaedi, Abd. Aziz serta staf KPU. Selain itu hadir pula Ketua Bawaslu Bone Alwi didampingi Komisioner A. Nuralim serta Panwascam, PPK dan sejumlah saksi dari masing-masing partai Politik.


Berdasarkan hasil rekapitulasi itu untuk Caleg DPRD Provinsi dari Daerah Pemilihan (Dapil) 7 Sulsel, Gerindra sukses mendapatkan 2 kursi yaitu Yasir Machmud memperoleh suara 51.432 dan disusul Andi Tenri Abeng meraih 51.288 suara dan Andi Irwan Wirasasti dari PKS meraih 43.366 suara. Ketiga Caleg tersebut adalah para pendatang baru yang sukses melenggang ke Parlemen.


Adapun Caleg lainnya sebagai petahana kembali sukses mempertahankan kursinya masing-masing yaitu H Muhammad (NasDem), H Syahrir (Demokrat), Andi Putra Batara Lantara (PDIP) dan Andi Izman Padjalangi (Golkar). Sementara Caleg petahana yang tumbang di Dapil VII yaitu Andi Irwandi Natsir (PAN) dan Andi Mangunsidi (Gerindra).


Untuk hasil rekapitulasi dari 5 Daerah Pemilihan (Dapil) di Bone, Partai Gerindra juga berhasil mendominasi perolehan kursi dengan meraih 8 kursi di DPRD Bone yang sebelumnya didominasi oleh Golkar. 


Dengan perolehan kursi terbanyak tersebut Gerindra dapat melenggang menduduki kursi ketua DPRD Bone.


Selain Gerindra disusul oleh Partai PKB mendapatkan perolehan 7 kursi dengan total 57.717 suara yang sebelumnya 4 kursi. Kemudian PPP mendapatkan 44.958 suara atau 5 kursi yang sebelumnya meraih 3 kursi. 


Sedangkan untuk partai Golkar yang sebelumnya memperoleh 9 kursi sekarang di Pemilu 2024 turun menjadi 6 kursi.


Begitu pula Partai lainnya seperti Demokrat dan Nasdem hanya mampu meraih 4 kursi. Selain itu PAN juga harus menerima kenyataan pahit yang kini hanya bisa meraih 3 kursi.


"Alhamdulillah proses rekapitulasi telah selesai dan teman-teman media yang turut hadir memberikan informasi kepada masyarakat Kabupaten Bone pada khususnya terkait apa yang terjadi disini setelah Bawaslu keluarkan rekomendasi pada jam 2 subuh dan pada jam 3 subuh sudah ada di media yang diupdate PPK dan itu sebagai bukti transparansi kami," ucap Yusran Tajuddin Ketua KPU Bone.


Sekedar diketahui dari perolehan suara Partai dan komposisi suara caleg terbanyak pada Pemilu 2024, para pendatang baru tumbangkan caleg patahana. [Ikhlas/Sugi]

Komentar

Tampilkan

  • Rekapitulasi Surat Suara Pemilu 2024 di Bone Rampung, Gerindra Dominasi Perolehan Kursi di Parlemen
  • 0

Terkini

Iklan