Iklan

Iklan

Rapat Pleno Terbuka Pemilu 2024, KPU Bone : Rekap Kecamatan Tetap Acuan Utama

01 Maret 2024, 9:14 AM WIB Last Updated 2024-03-01T02:16:20Z

Ketua KPU Bone Yusran Tajuddin saat membuka Rapat Pleno Terbuka hasil Pemilu 2024 di Hotel Novena, kota Watampone, Sulawesi Selatan, Kamis (29/2/2024)/ Foto : Sugi

RAKYATSATU.COM, BONE
- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone menggelar rapat Pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara serta penetapan hasil pemilihan umum 2024. 


Acara tersebut dibuka langsung oleh Ketua KPU Bone Yusran Tajuddin di Hotel Novena, kota Watampone, Sulawesi Selatan, Kamis (29/2/2024).


Ketua KPU Bone menjelaskan, kegiatan rapat pleno rekapitulasi ini dilaksanakan berjenjang mulai dari tingkat TPS, rekap di 27 Kecamatan dan di KPU Kabupaten Bone.


"Rekap dan perhitungan suara itu hampir semua ada saksi dari partai politik dan adanya human error menyalin dan menulis hasil rakap yang dianggap tidak faktual itu sudah kita selesaikan dengan sistem terbuka," ungkap Yusran.


Ketua KPU juga menjelaskan terkait penyebab proses serekap mobile dan terjadinya human error sehingga dianggap tidak sesuai data faktual saat rekap di TPS yang membuat para saksi keberatan.


"Ini salah satu tantangan yang kita hadapi adanya human error yang disebabkan oleh kesalahan tulis di tingkat KPPS. Namun hal itu kami sudah usahakan perbaiki angka-angka yang ada di Serekap itu," kata Yusran


Meski demikian kata Yusran, KPU tetap mengacu pada dasar hukum yaitu proses rekapitulasi di tingkat kecamatan tetap sebagai acuan utama. 


Oleh karena itu harapan Yusran di pleno terbuka ini, saksi harus benar-benar melihat hasil rekapitulasi itu sesuai prosusedur dan kesesuain data yang ada. [Ikhlas/Sugi]

Komentar

Tampilkan

  • Rapat Pleno Terbuka Pemilu 2024, KPU Bone : Rekap Kecamatan Tetap Acuan Utama
  • 0

Terkini

Iklan