Iklan

Iklan

Optimalkan HJB ke-694, Pj Bupati Bone Pimpin Rapat Monitoring

16 Februari 2024, 3:48 PM WIB Last Updated 2024-02-24T07:49:57Z

Pj Bupati Bone Drs. H.A. Islamuddin, MH didampingi Sekretaris Daerah Bone Andi Muhammad Guntur, S.IP., M.Si dan Kadis Kebudayaan Hj. A. Murni AL, SE, memandu jalannya rapat monitoring di Gedung PKK, Jalan Andi Mappanyukki, kota Watampone, Jumat (16/2/2024)/ Foto : Sugi

RAKYATSATU.COM, BONE
- Pj Bupati Bone Drs. H.A. Islamuddin, MH didampingi Sekretaris Daerah Bone Andi Muhammad Guntur, S.IP., M.Si., memimpin rapat monitoring dalam rangka persiapan perayaan Hari Jadi Bone (HJB) ke-694 tahun 2024.


Rapat yang digelar Pemerintah Kabupaten Bone itu dipusatkan di Gedung PKK, Jalan Andi Mappanyukki, kota Watampone, Jumat (16/2/2024).


Hadir dalam pertemuan tersebut, Sesepuh adat Andi Yoshan Petta Tappu, para pimpinan OPD, serta seluruh panitia pelaksana.


Dalam kesempatan itu Pj Bupati Bone menjelaskan bahwa peringatan hari lahir Kabupaten Bone ini diperingati setiap 6 April sebagai ungkapan rasa syukur karena di tahun 2024 ini kembali akan diperingati hari lahir Bone yang ke-694. 


"Peringatan Hari Jadi Bone ke-694 kali ini mengangkat tema, yaitu 'Mattupu ri Ade'e Mappasanre ri Sara'e yang maknanya sendikan pada adat, sandarkan pada agama, artinya sebuah perinsip yang menyandingkan aturan adat dengan syariat agama islam dalam menjalankan pemerintahan di zaman kerajaan Bone sehingga tercipta ketertiban, keamanan, dan kajayaan dan kemakmuran, ini diharap menjadi inspirasi pemerintah dan masyarakat Bone dalam beraktifitas dan berkegiatan dalam membangun Bone lebih baik kedepan," tuturnya.


"Tema itu tahun lalu kita sayembarakan dengan logo, tapi tahun ini kita ambil pemenang sayembara kedua karena dulu ada pemenang satu, dua dan tiga, jadi nanti tahun berikutnya kita ambil lagi pemenang ketiganya, ini disamping tidak butuh biaya, peserta sayembara bisa merasa dihargai," ungkap Andi Islamuddin.


Selanjutnya sejumlah agenda yang dipaparkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Hj. Andi Murni AL, SE diantaranya adalah ziarah makam raja-raja Bone yang berada diwilayah Bone dan diluar Kabupaten akan dilaksanakan mulai 1 Maret 2024 di TMP Kalibata dan dilanjutkan ke makam raja-raja lainnya di daerah.


Beberapa kegiatan lainnya yang akan digelar diantaranya, permainan olah raga tradisional, seni budaya dan proses adat Mattompang Arajang dilaksanakan pada puncak Hari Jadi Bone 20 April 2024 yang dipusatkan di kompleks Rumah Jabatan Bupati Bone dan dilanjutkan dengan rapat Paripurna di Kantor DPRD Bone.


Adapun lebih meriahnya Hari Lahir Bone itu akan digelar pameran Ekspo IKM dan pasar murah yang melibatkan para pelaku UKM. Serta acara silaturahmi dan hiburan seni religi yang dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh adat dan KKMB dari luar Kabupaten Bone.


Untuk pelaksanaan teknis kegiatan agar bisa terlaksana dengan baik panitia juga akan melibatkan 22 seksi dan tenaga teknis lainnya. [Ikhlas/Sugi]

Komentar

Tampilkan

  • Optimalkan HJB ke-694, Pj Bupati Bone Pimpin Rapat Monitoring
  • 0

Terkini

Iklan