Iklan

Iklan

Jelang Hari Raya, Transaksi Penukaran Uang Kecil Capai Ratusan Juta Setiap Hari

28 Maret 2024, 6:03 PM WIB Last Updated 2024-03-28T21:07:51Z

Suasana Penukaran uang di Bank Sulselbar cabang Maros/ Foto : Arul

RAKYATSATU.COM, MAROS
- Menjelang hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, banyak warga yang memilih menukarkan uangnya dengan uang pecahan kecil untuk dibagikan di momen hari raya. Mereka rela mengantri demi untuk mendapatkan pecahan uang kecil yang diinginkan. 

 

Untuk penukaran uang kecil ini, Bank Sulselbar Cabang Maros menyediakan kurang lebih Rp3 Miliar uang dengan pecahan Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu, Rp2 ribu dan Rp1000. 


Untuk pecahan Rp20 ribu, Bank Sulselbar menyiapkan sekitar Rp400 Juta, untuk pecahan Rp10 ribu disiapkan sekitar Rp 200 juta, untuk pecahan Rp 5 ribu sekitar Rp1,6 miliar lebih. Sementara pecahan Rp2.000 disiapkan sekitar Rp700 juta. 


"Kami di Bank Sulsebar cabang Maros dijatah oleh Bank Indonesia sekitar Rp3 miliar uang kecil. Ini memang setiap tahun disediakan," ujar Pemimpin Cabang Maros Bank Sulsebar, 


Dhin Nuwara kepada wartawan, Kamis (28/3/2023), penukaran uang kecil ini sudah dimulai sejak 20 maret lalu, sampai 5 April mendatang. 


Meski anggaran yang disiapkan mencapai angka Rp3 miliar, namun penukaran uang kecil perharinya itu dibatasi. 


"Setiap harinya penukarannya itu dibatasi, hanya sekitar Rp250 juta-Rp300 juta. Karena waktu penukaran masih panjang sampai 5 april mendatang," jelasnya. 


Dia menambahkan, selain jumlah penukaran yang dibatasi, nilai penukaran perorangan juga dibatasi. 


"Setiap orang yang ingin menukar uang kecil itu dibatasi, mereka hanya mendapat jatah maksimal 3 ikat perpecahannya. Hal ini untuk menghindari calo penukaran uang kecil. Juga supaya semua orang bisa dapat dan merata," bebernya. 


Salah seorang warga Maros yang menukarkan uang, Nurul mengatakan, dia menukarkan uang dengan pecahan Rp2000 dan Rp5000. Rencananya uang kecil ini akan dibagikan kepada bocah-bocah yang berkunjung ke rumahnya. 


"Banyak anak kecil yang biasanya datang ke rumah saat hari raya, dan mereka tidak mau disajikan minum ataupun makanan. Mereka lebih senang bilang dibagikan uangnya," jelasnya. [Ikhlas/Arul]

Komentar

Tampilkan

  • Jelang Hari Raya, Transaksi Penukaran Uang Kecil Capai Ratusan Juta Setiap Hari
  • 0

Terkini

Iklan