Iklan

Iklan

WIB Inisiasi Baksos, Ratusan Personil Siap 'Keroyok' Sampah

23 Januari 2024, 11:42 PM WIB Last Updated 2024-01-23T16:44:17Z

Camat bersama jajaran, Pengurus WIB, unsur lembaga, instansi, perwakilan OPD lainnya, meninjau lokasi sasaran Baksos di pemukiman warga Kelurahan Bajoe, Selasa (26/1/2024)/ Foto : Sugi 

RAKYATSATU.COM, BONE
- Wartawan Independen Bone (WIB) akan menggelar kegiatan Bakti Sosial dalam bentuk kerja bakti pembersihan sampah terpusat di wilayah Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone. Kegiatan tersebut mengusung Tagline, "Gerakan Seribu Karung Sampah".


Untuk memastikan kesiapan pelaksanaan Bakti Sosial (Baksos) itu, Camat Tanete Riattang Timur, Andi Muhammad Iqbal Walinono menggelar rapat teknis bersama pihak terkait di pusatkan di halaman Kantor Camat, Selasa pagi (23/1/2024).     


Mengawali rapat teknis, Ketua WIB Eka Handayani dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini adalah Baksos ketiga digelar dalam rangka hari ulang tahun ke-6 WIB.


"Kegiatan ini kita beri nama gerakan seribu karung sampah yang diinisiasi WIB bekerjasama Camat Tanete Riattang Timur," kata Eka.


"Baksos ini melibatkan beberapa lembaga, instansi pemerintah (OPD) dan TNI, Polri. Rapat teknis ini untuk memastikan bagaimana kesiapan kegiatan Baksos itu bisa berjalan lancar," ungkapnya.


Selain itu Danramil 1407-07 Tanete Riattang Kapten Inf. Jumadi memaparkan terkait teknis pelaksanaan Baksos itu.


Menurut Jumadi personel yang dilibatkan pada kegiatan ini antara lain Kodim 1407/Bone 50 personil, Polres Bone 50 personil, Brimob Tenri Betta 50 personil, Satpol PP 50 personil, petugas kebersihan 20 personil, Dinkes 20 personil, Dinas Damkar 15 Personil serta gabungan masyarakat sekitar, Satgas kebersihan, perangkat kelurahan dan awak media di Bone.


"Adapun logistik disiapkan yaitu, tenda peleton, sarana cuci tangan, masker dan sarung tangan, armada sampah, karung sampah, garpu sampah, skop sampah, bambu, sabun cuci tangan serta gerobak sampah," paparnya.


"Semua yang terlibat dalam kegiatan ini akan menyisir pemukiman warga padat sampah dengan bergotong royong membersihkan sampah bersama sama," kata Jumadi.


Danramil juga menyampaikan bahwa, kegiatan dimulai setelah apel pagi kerja bakti pada pukul 06.00 Wita, selanjutnya dilakukan pembagian sektor yang melibatkan personel gabungan dan masyarakat.


Sementara itu Camat Andi Muhammad Iqbal Walinono dalam arahannya menyampaikan bahwa, dari hasil musrenbang tahun lalu yang menjadi prioritas di Tanete Riattang Timur yaitu sampah karena wilayah ini adalah pesisir pantai.


"Sampah ini terpusat di Bajoe selain itu sampah perkotaan dari laut terbawa air masuk ke pemukiman warga," ungkap Iqbal.


Bukan hanya itu kata A. Muhammad Iqbal sampah itu masih sulit diatasi karena pola pikir masyarakat belum berubah. "Mereka butuh tong sampah maka dari itu di wilayah Kecamatan Tanete Riattang Timur perlu dianggarkan pengadaan tong sampah," ungkapnya.


Selain itu kata Camat, masalah lainnya adalah biaya operasional satgas sampah dianggap tidak mencukupi dan tidak mencapai target. "Dari dasar itu anggaran perlu diangkat dalam rangka pencapaian target Adipura," harapnya.


Setelah rapat teknis, Camat bersama jajaran, Pengurus WIB, unsur lembaga, instansi, perwakilan OPD, yang terlibat meninjau lokasi sasaran Baksos yang dijadwalkan digelar pada Jum'at pagi (26/1/2024). [Ikhlas/Sugi]



Komentar

Tampilkan

  • WIB Inisiasi Baksos, Ratusan Personil Siap 'Keroyok' Sampah
  • 0

Terkini

Iklan