Iklan

Iklan

Ingin Budidayakan Pisang, Camat Libureng Bone Berkunjung Ke Mare

29 Januari 2024, 10:01 PM WIB Last Updated 2024-01-29T15:03:03Z

Camat Libureng (kiri) bersama Camat Mare di lokasi kebun pisang di Desa Batugading/ Foto: Rasul 


RAKYATSATU.COM, BONE
- Sejak Pj. Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, menggalakkan penanaman pisang, khususnya di Kabupaten Bone yang dimulai di Desa Batugading dan Desa Tellongeng Kecamatan Mare, animo masyarakat akan budidaya tanaman pisang sangat tinggi.


Antusias budidaya tanaman pisang kini perlahan-lahan merambah setiap pelosok Kabupaten Bone. Seperti halnya di Kecamatan Libureng Kabupaten Bone yang tidak mau ketinggalan. 


Hal itu dibuktikan langsung Camat Libureng, Andi Syamsul yang berkunjung langsung ke lokasi pembibitan pisang Cavendish dan melihat langsung tanaman pisang yang ada di Desa Batugading dan Desa Tellongeng, Senin (29/01/2024).


Kedatangan Camat Libureng ke Kecamatan Mare ditemani oleh Sekretaris Kelurahan (Seklur) Kahu Kecamatan Libureng, Andi Adli dan disambut langsung oleh Camat Mare, Andi Hidayat Pananrangi. 


Andi Syamsul menjelaskan bahwa kedatangannya di Kecamatan Mare karena ingin melihat langsung budidaya pisang, karena ia juga akan melaksanakan budidaya pisang di Kecamatan Libureng, sebab pisang merupakan tanaman yang buahnya sangat digemari serta cepat meningkatkan perekonomian masyarakat. 


Lanjutnya, tanaman pisang sangat sesuai program pemerintah dalam hal ketahanan pangan dan percepatan pemulihan perekonomian pasca pandemi Covid-19. 


"Tanaman pisang sangat cocok untuk ketahanan pangan dan sangat menjanjikan hasilnya serta mampu lebih cepat mensejahterakan masyarakat," ujar Andi Syamsul. 


"Saya akan mengajak masyarakat dan pabrik gula Camming untuk menfungsikan lahan-lahan yang selama ini kurang produktif untuk ditanami pisang. Apakah pisang Cavendish atau jenis pisang lainnya," pungkasnya. 


Sementara itu, Camat Mare Kabupaten Bone, Andi Hidayat Pananrangi menjelaskan bahwa menanam pisang tidak sesulit yang dibayangkan karena perbankan melalui perusahaan akan membantu masyarakat dalam permodalan atau anggaran.


"Kita tinggal menyiapkan lahan dan lahan tersebut tentu akan disurvei jika ingin menggunakan modal atau anggaran di bank yang telah ditunjuk lewat kredit ringan," ujar Andi Hidayat Pananrangi. 


"Mau mengambil kredit di bank atau tidak, itu tidak jadi masalah. Intinya tidak ada ruginya jika kita menanam pisang. Apalagi sudah ada perusahaan yang siap mengambil buah pisang nantinya," ujarnya lagi. 


Sekedar informasi, jenis tanaman pisang yang sudah ditanam di Kecamatan Mare yang tersebar di Desa Batugading dan Desa Tellongeng adalah pisang Cavendish, Kepok Tanjung dan pisang Barangeng Merah serta ada pula nanas. [Ikhlas/Rasu]

Komentar

Tampilkan

  • Ingin Budidayakan Pisang, Camat Libureng Bone Berkunjung Ke Mare
  • 0

Terkini

Iklan