-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Rangkaikan Hari Otoda, Pemkab Maros Gelar Upacara Hardiknas

02 Mei 2023 | 11:32 AM WIB |

ASN Pemkab Maros foto bersama usai menghadiri upacara peringatan Hardiknas, di  Lapangan Upacara Pallantikang Pemkab Maros, Selasa (2/5/2023)/ Foto : Arul 

RAKYATSATU.COM, MAROS
- Pemerintah Kabupaten Maros memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Ini dirangkaikan dengan peringatan Hari Otonomi Daerah tingkat Kabupaten Maros.


Upacara berlangsung hikmat di Lapangan Upacara Pallantikang Pemkab Maros, Selasa (2/5/2023).


Bupati Maros, AS Chaidir Syam dalam sambutannya menyampaikan petikan sambutan seragam dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi bahwa, pendidikan saat ini akan lebih berkembang dengan adanya platform merdeka belajar.


"Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Akan lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya kurikulum merdeka," ungkapnya.


Menurutnya, 24 episode merdeka belajar semakin mengarah ke cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara.


"Yakni pendidikan yang menuntut bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya," sebutnya.


Selain itu, Chaidir juga menyampaikan petikan amanat Menteri Dalam Negeri, peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke XXVII tahun 2023 mengusung tema "Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul".


"Setelah 27 tahun berlalu, otonomi daerah telah memberikan dampak positif. Dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan, IPM meningkat, bertambahnya PAD dan kemampuan fiskal daerah," tuturnya.


Meskipun begitu berdasarkan data, filosofi dari tujuan otonomi daerah belum sepenuhnya mencapai hasil yang diharapkan.


"Berdasarkan data Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri, masih terdapat beberapa daerah yang memiliki PAD dibawah 20 persen. Bahkan masih menggantungkan keuangannya pada pemerintah pusat melalui Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD)," tambahnya.


Diakhir sambutan, Chaidir kembali mengingatkan kepada seluruh ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Maros, agar tetap berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif.


"Selamat Hardiknas dan Selamat memperingati hari Otoda ke 27. Semoga pendidikan kita semakin maju," pungkasnya. [Ikhlas/Arul]

×
Berita Terbaru Update