Iklan

Iklan

Paripurna HJB Ke-693, Bupati Fahsar Beber Berbagai Capaian Pembangunan

07 April 2023, 10:30 AM WIB Last Updated 2023-04-07T05:50:29Z

Bupati Bone Dr. H.A.Fahsar M. Padjalangi, M.Si saat membacakan sambutannya pada Rapat Paripurna Peringatan Hari Jadi Bone ke-693 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bone, Kamis (6/4/2023)/ Foto : Sugi

RAKYATSATU.COM, BONE
- Bupati Bone H.A. Fahsar M Padjalangi mengungkap berbagai capaian Pemerintah Kabupaten Bone periode 2018-2023.


Hal itu disampaikan Bupati pada Rapat Paripurna  dalam rangka Hari Jadi Bone ke-693 tahun 2023 yang digelar di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Kabupaten Bone,  Jl. Stadion Lapmantik, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kamis (6/4/2023).


Acara tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Bone Irwandi Burhan.


Dalam kesempatan itu Bupati Fahsar memaparkan berbagai capaian pembangunan di berbagai sektor dalam perjalanan pemerintah Kabupaten Bone empat tahun terakhir ini.


Menurutnya selama dua periode memimpin Bone, telah berakselerasi dalam menghadapi berbagai dinamika perkembangan dengan berbagai pencapaian telah diraih antara lain, dari 2018 sampai 2022 melalui APBD Provinsi Sulawesi dana alokasi khusus (DAK).


"Kita telah mengintervensi pembangunan dan pemeliharaan jalan sepanjang 273 kilometer dan jembatan sepanjang 512 meter," ungkap Bupati Bone.


"Sedangkan pada sektor irigasi, kita telah membangun dan merehabilitasi jaringan irigasi yang telah mengaliri lahan kurang lebih 23 ribu hektare, di sektor pertanian, dalam lima tahun terakhir produksi pangan utama padi dan jagung pada angka rata-rata 1,3 juta ton setiap tahun," bebernya.


Begitupun pada sektor peternakan, Kabupaten Bone konsisten menjadi lumbung ternak, terutama sapi potong, dan sampai tahun 2022 tercatat ada 436 ribu ekor populasi ternak di Bone," tambahnya.


Selanjutnya Sektor perikanan, sebagai salah satu daerah dengan pantai terpanjang di Sulsel, pemerintah daerah telah memberikan bantuan kapal tangkap sebanyak 52 unit kapal.


Sementara sektor pendidikan, pemerintah daerah berkomitmen semakin meningkatkan kualitas pendidikan  manusia Bone melalui perbaikan dan rehabilitasi sekolah 674 SD dan 123 SMP.


"Selain itu melalui gerakan Gemar Limas, pemerintah daerah telah melakukan pengembalian anak tidak sekolah kembali bersekolah sebanyak 11 ribu," kata Bupati Bone.


Dalam sektor kesehatan, Pemerintah Kabupaten Bone senantiasa meningkatkan kualitas layanan kesehatan dengan melalui peningkatkan akreditasi


"Yang paling terbaru komitmen Pemda Bone memenuhi syarat Universal Health Coverage atau UHC Kabupaten UHC yang memberikan pelayanan gratis kepada masyarakat," jelasnya.


Adapun sektor pemerintahan desa, dari 195 desa tertinggal pada tahun 2018, pada tahun 2022 yang lalu telah dituntaskan menjadi 0 (nol) desa tertinggal, begitu juga dengan desa mandiri dari posisi 0 (nol) pada tahun 2018, Alhamdulillah pada tahun 2022 sudah 41 desa mandiri dan terus ditingkatkan.


Dalam sektor pelayanan publik, pemerintah daerah terus berupaya melakukan akselerasi pelayanan, sebagi wujud nyata komitmen pemerintah daerah meningkatkan pelayanan publik dengan membangun Mall Pelayaan Publik yang difungsikan pada tahun 2023 ini.


Terkait Hari Jadi Bone, Bupati Fahsar mengatakan bahwa, peringatan Hari Jadi Bone tahun ini juga bertujuan untuk melakukan refleksi terhadap berbagai upaya pembangunan daerah yang telah dilaksanakan selama ini


Sementara itu Ketua DPRD Bone Irwandi Burhan berharap Bupati Bone bersama Wakil Bupati Ambo Dalle ditakdirkan bisa hadir kembali di Ruang Rapat Paripurna dengan amanah dan juga jabatan mulia untuk tetap membangun Kabupaten Bone yang kita cintai ini.


"Mari kita jadikan peringatan Hari Jadi Bone menjadi spirit agar Bone tetap jaya mari bersatu bergandengan tangan untuk Bone," ucapnya. [Ikhlas/Sugi]

Komentar

Tampilkan

  • Paripurna HJB Ke-693, Bupati Fahsar Beber Berbagai Capaian Pembangunan
  • 0

Terkini

Iklan