Iklan

Iklan

Kembangkan Desa Wisata, Pajokka Balocci Bahas Soal Jaringan Ekowisata Indonesia di Malang

08 April 2023, 1:22 AM WIB Last Updated 2023-04-07T17:22:18Z

Kelompok Pajokka Balocci saat laksanakan sharing session di kampung Dujie, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep/ Foto: Pajokka Balocci

RAKYATSATU.COM, PANGKEP
- Kelompok Penggerak Pariwisata Pajokka Balocci melaksanakan kegiatan Sharing Session.


Selain itu, juga bagi takjil dan buka puasa bersama di Sekretariat Pajokka Balocci yang berada di Kampung Dujie, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep, Jumat, 7 April 2023.


Pada sharing session ini membahas tentang hasil Temu Jaringan Ekowisata Indonesia di Malang, Jawa Timur yang dapat dikembangkan di Kecamatan Balocci.


Menurut Founder Pajokka Balocci, Andi Malikus Shalih M, temu jaringan ekowisata Indonesia, ada beberapa poin yang dapat dikembangkan bersama di Balocci, terutama pada poin kolaborasi antar semua pihak, masyarakat, kelompok dan pemerintah menjadi penting. 


Tak hanya itu, kesadaran akan pentingnya menjaga dan merawat alam dan budaya menjadi kunci utama sehingga bisa menghadirkan hal positif dan mampu mengedukasi baik itu masyarakat ataupun wisatawan yang datang berkunjung.


"Transformasi digital juga dibutuhkan diera seperti saat ini, tapi kita perlu ingat bahwa transformasi digital untuk memudahkan pelayanan dan informasi bukan untuk merubah budaya masyarakat yang sudah ada," ucap Amal.


Kepala Seksi Pembangunan Kecamatan Balocci, Muis mengatakan bahwa saat ini Kecamatan Balocci begitu pesat perkembangan wisatanya.


Ada juga, kata dia, yang saat ini menjadi fokus yakni pengembangan Desa Wisata. Dimana saat ini ada Desa Wisata Tompobulu yang masuk dalam nominasi 75 Besar dan Desa Wisata Balleangin yang masuk 300 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023.


Ditempat yang sama, IPDA Supardan, Wakapolsek Balocci, Supardan mendukung penuh adanya kelompok Pajokka Balocci tersebut.


"Gerakan anak muda kita memberikan hal yang positif dalam pengembangan daerah, tentunya kami akan selalu mendukung dan mendorong hal itu dan kedepan kolaborasi-kolaborasi perlu dijaga," tutupnya.


Sekadar diketahui, sharing session ini dihadiri oleh Pemerintah Kecamatan Balocci, Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Polsek Balocci dan Babinsa Balleangin.


Serta penyerahan Izin Usaha Penyedia Jasa Wisata Alam (IUPJWA) dari Pajokka Balocci kepada Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. [Ikhlas/Amin]

Komentar

Tampilkan

  • Kembangkan Desa Wisata, Pajokka Balocci Bahas Soal Jaringan Ekowisata Indonesia di Malang
  • 0

Terkini

Iklan