-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Program Kesehatan Gratis Sinjai Diganjar Penghargaan

15 Maret 2023 | 9:26 AM WIB |

 
Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (tengah) usai menerima penghargaan di acara Universal Health Coverage (UHC) Award di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023)/ Foto : Dok. Pemkab Sinjai



RAKYATSATU.COM, JAKARTA
- Konsistensi pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dibawah kepemimpinan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) dalam memprioritaskan kebutuhan dasar masyarakat di bidang kesehatan diganjar penghargaan oleh pemerintah pusat.


Kabupaten Sinjai merupakan satu dari 334 daerah di Indonesia yang menerima penghargaan tersebut yang diserahkan Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin, dan diterima langsung oleh Bupati ASA di acara Universal Health Coverage (UHC) Award di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023).


Sekretaris Dinas Kesehatan Sinjai, dr Farina Irfani yang mendampingi Bupati ASA menyampaikan penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada Pemkab Sinjai atas cakupan kepesertaan jaminan kesehatan yang mencapai lebih dari 97 persen.


“Alhamdulillah komitmen pak Bupati dalam menyajikan program kesehatan gratis sebagai wujud dukungan kepada program jaminan kesehatan nasional diganjar penghargaan,” pungkasnya.


Menurut dr. Arin, dari 97 persen atau 253.002 jumlah penduduk Sinjai terdaftar BPJS Kesehatan, 116.941 merupakan segmen peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan yang iurannya dibayar melalui APBN.


Kemudian, segmen PBI APBD yang iurannya dibayarkan oleh Pemda atau Jamkesda sebanyak 96.499 penduduk. Dimana tiap bulan Pemda harus membayar iuran kepada BPJS Kesehatan agar warganya bisa menikmati layanan kesehatan secara gratis.


Sementara segmen peserta lainnya yakni Pekerja Penerima Upah (PPU) Pegawai Negeri yang terdiri dari ASN, TNI Polri berjumlah 23.791 orang, PPU Pegawai Swasta 1.326 orang. Lalu segmen pekerja mandiri sebanyak 11.471 orang dan segmen pensiunan sebanyak 2.974 orang.


“Khusus PBI APBD, Pak Bupati setiap tahunnya mendorong kami untuk terus menganggarkan pembayaran iuran warga Sinjai yang ditanggung di kelas III sebesar Rp.53 Miliar,” pungkasnya.


Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) menyampaikan rasa syukurnya sebab upaya pemenuhan kebutuhan dasar warganya dapat dilakukan melalui program unggulan JAMKESDA PLUS.


Program ini merupakan salah satu bentuk upaya agar setiap warganya dapat mengakses dan merasakan kemudahan pelayanan kesehatan di semua fasilitas kesehatan yang ada.


Olehnya itu, Alumni Monash Melbourne Australia ini berharap sinergitas dan koordinasi dengan BPJS Kesehatan agar bisa bersama-sama meningkatkan mutu layanan kesehatan.


“Ini penting untuk kita perhatikan bersama-sama sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat jaminan kesehatan secara optimal, dan dapat lebih mudah mendapatkan layanan kesehatan tanpa diskriminasi,” jelasnya.


Bupati ASA juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat sinjai yang telah memberikan dukungan sehingga pemerintah daerah mendapat penghargaan dari pemerintah pusat.


Selain didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan, dr. Farina Irfani, Bupati ASA juga didampingi Kepala Perwakilan BPJS Kesehatan Sinjai, Achmad Saleh.


Penyerahan penghargaan UHC Award tersebut turut dihadiri dan disaksikan Menko PMK, Muhadjir Effendy, Mendagri Tito Karnavian, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti dan jajarannya. [Ikhlas/Sudirman]

×
Berita Terbaru Update