-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Anggaran Bantuan Meningkat, Bentuk Kepedulian Pemerintah di Sektor Perikanan

13 Maret 2023 | 10:24 AM WIB |

Penyerahan bantuan kepada kelompok usaha perikanan dan nelayan oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa beberapa waktu lalu/ Foto : Dok. Pemkab Sinjai

RAKYATSATU.COM, SINJAI 
- Selama empat tahun terakhir sudah ada ratusan kelompok usaha perikanan maupun nelayan yang mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Sinjai.


Hal tersebut sebagai wujud kepedulian Bupati Andi Seto Asapa (ASA) dalam meningkatkan produksi yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan nelayan terlebih sektor perikanan merupakan salah satu mata pencaharian primadona bagi sebagian warga Sinjai.


Pelaksana Tugas Kadis Perikanan Sinjai H. Haris Achmad mengatakan bahwa untuk tahun ini anggaran bantuan sarana dan prasarana untuk bidang kelautan dan perikanan meningkat dari Rp3 Miliar menjadi Rp6 Miliar lebih.


“Alhamdulillah tahun ini ada peningkatan anggaran sarpras disektor perikanan dua kali lipat dibanding tahun lalu. Ini berkat koordinasi dan komunikasi yang intens bapak Bupati dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan,” jelasnya.


Salah satu bantuan yang tiap tahun diberikan kepada para nelayan adalah cool box. Hal ini didasari usulan para nelayan dengan tujuan untuk menjaga kualitas ikan yang mereka tangkap.


Bantuan ini sangat dirasakan manfaatnya oleh nelayan, Awaluddin misalnya. tahun lalu kelompoknya mendapat bantuan berupa cool box atau kotak pendingin dari Dinas Perikanan Sinjai.


Menurutnya, cool box sangat dibutuhkan karena tidak menentunya waktu yang dibutuhkan untuk menangkap ikan. Perolehan yang tidak menentu seringkali membuat tangkapan harus disimpan dalam waktu yang lama sampai nelayan selesai melaut.


“Kami sangat terbantu dengan adanya penyimpanan ikan ataupun udang tersebut, sebab kami bisa menyimpan hasil tangkapan  dalam kurun waktu yang lama masih tetap segar,”  katanya, Senin (13/3/2023).


Selama ini sebelum adanya cool box, Awaluddin mengeluhkan bahwa tempat penyimpanan ikan hanya bertahan beberapa jam, setelah itu kondisi ikan sudah tidak segar.


“Saya sangat bersyukur dengan adanya bantuan dari Pemkab. Respon dari Bapak Bupati sangat luar biasa. Ini sangat membantu kami meningkatkan pendapatan para nelayan, ” ucapnya.


Selain itu mereka berharap agar Bupati ASA bisa melanjutkan pembangunan di Kabupaten Sinjai ini karena programnya telah terasa di masyarakat khususnya masyarakat nelayan.


“Bukan saja bantuan, pengurusan izin perikanan juga kini lebih mudah, ini bukti nyata kinerja Pak Bupati untuk kami para nelayan,” tambahnya. [Ikhlas/Sudirman]

×
Berita Terbaru Update