-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Tag Terpopuler

Gelar Pelatihan Jurnalistik, PWI Sulsel Gembleng Calon Wartawan Muda

24 Januari 2023 | 12:13 PM WIB |

Sejumlah Wartawan asal Kabupaten Bone berpose bersama Panitia PWI Sulsel usai mengikuti pelatihan Jurnalistik dasar dan lanjutan, di Hotel Whiz Prime Makassar, Senin (23/1/2023)/ Foto : Dok. PWI Sulsel

RAKYATSATU.COM, BONE
- Sejumlah Wartawan berbagai media dari Kabupaten antusias mengikuti pelatihan Jurnalistik dasar dan lanjutan yang digelar oleh PWI Sulawesi Selatan, di Hotel Whiz Prime Makassar, Senin (23/1/2023).


Mengawali pelatihan tersebut, para Wartawan yang hadir terlebih dahulu dihibur dengan beberapa quiz berhadiah oleh H.Ilyas, salahsatu anggota panitia pelatihan.


Setelah itu, para Wartawan diberi materi pengetahuan dan pemahaman tentang tugas dan Kode Etik Jurnalis (KEJ) oleh Wakil Pimpinan Redaksi Harian Fajar, Amrul Basri.


Menurut Amrul Basri, dalam menjalankan tugas sebagai Wartawan, tentu harus berpedoman pada Kode Etik Jurnalistik, terutama mengenai peliputan pemberitaan tentang anak yang masih dibawah umur.


"Dalam memberitakan hal-hal yang berkaitan dengan anak yang masih dibawah umur yang sedang tersangkut hukum, penulisan terhadap nama korban, nama ibu korban, nama ayah korban dan nama pelaku, serta alamat Kecamatan dan Desa tempat tinggal mereka itu perlu dilindungi. Kecuali Kabupatennya, bisa ditulis," kata Amrul Basri. 


Pada kesempatan sama, Haji Abdul Manaf Rachman, Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Sulsel menyampaikan kepada seluruh Wartawan yang hadir dalam kegiatan pelatihan tersebut bahwa para peserta pelatihan yang merupakan calon anggota Wartawan Muda PWI ini diharapkan untuk banyak membaca dan mendalami aturan perundang-undangan terkait dengan profesi Wartawan, seperti yang tertuang pada Undang-Undang Nomor 40 tentang Pers, Kode Etik Jurnalistik dan kode perilaku Wartawan, sehingga dalam menjalankan tugas profesinya sebagai jurnalis tidak keluar dari koridor kode etik dan menjadikan berita yang ditulisnya bisa berimbang, objektif dan tidak melanggar Kode Etik.


"Pelatihan dasar jurnalistik merupakan langkah awal untuk menjadi anggota PWI, sehingga diharapkan materi yang diperoleh selama pelatihan bisa diterapkan dalam menjalankan profesi jurnalistik," harapnya.


"Selain dari pelatihan dasar jurnalistik ini, juga ada pelatihan lanjutan untuk menuju ke tahap berikutnya, yakni mengikuti Uji Kompetensi Wartawan atau UKW," kata Abdul Manaf.


"Dengan seperti itu, Wartawan yang sudah lulus UKW, tentu jenjang keanggotaannya yang masih anggota muda, statusnya akan naik tingkat, dari anggota Muda menjadi anggota Biasa," ungkap Manaf Rachman.


Sebagaimana diketahui, kegiatan pelatihan tingkat dasar dan lanjutan tersebut bertemakan "Bersama PWI Kita Wujudkan Pers Demokrasi yang Independen dan Bertransformasi Digital". [Ikhlas/Sugi]


×
Berita Terbaru Update