Iklan

Iklan

Pemkab Maros Rakor Persiapan Rakornas Geopark dan Jambore Geopark Maros-Pangkep

07 Desember 2022, 2:44 PM WIB Last Updated 2022-12-07T06:48:55Z

Wabup Maros, Suhartina Bohari, memimpin rapat koordinasi (rakor) persiapan Rakornas Geopark dan Jambore Geopark Maros-Pangkep Sulawesi Selatan bersama pihak terkait, di Ruang Rapat Wabup Maros, Rabu (7/12/2022)/ Foto : Dok. Pemkab Maros

RAKYATSATU.COM, MAROS
- Wakil Bupati (Wabup) Maros, Suhartina Bohari, memimpin rapat koordinasi (rakor) persiapan Rakornas Geopark dan Jambore Geopark Maros-Pangkep Sulawesi Selatan, di Ruang Rapat Wabup Maros, Rabu (7/12/2022).

Wabup Maros, Suhartina Bohari mengatakan, rapat koordinasi ini membahas dua event besar yang akan berlangsung di bulan Desember ini. Selanjutnya akan ada rakor lanjutan untuk pembahasan lebih detail.

"Ini baru penyampaian awal, tentang event besar yang akan digelar pada 19 hingga 21 Desember. Dan juga Rakornas Geopark di kawasan Geopark Maros-Pangkep. serta kegiatan Jambore Geopark Maros-Pangkep," tuturnya.

Kata dia, pihaknya masih menunggu kepastian dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) terkait detailnya. Rundown acara dan penanggung jawab masing-masing kegiatan akan dibuatkan rakor tersendiri.

"Kemungkinan kita akan melakukan rapat koordinasi lebih detail lagi untuk tupoksi masing-masing. Kita sudah belajar dari pengalaman asesmen kemarin. Kegiatan Geopark memerlukan teknis detail yang memang harus dipersiapkan jauh hari," ungkap Suhartina.

Sementara itu, Ketua Panitia Jambore Geopark Maros-Pangkep, Teguh Pratama mengatakan, Jambore Geopark yang akan dilakukan ini merupakan jambore Geopark pertama di Indonesia. Bahkan jika sudah mendapat predikat UNESCO, ini akan menjadi yang pertama di dunia.

"Jambore akan berlangsung di Desa Tompobulu, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan. Terkait hal ini, kita melakukan kolaborasi langsung dengan kwartir daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sulsel," katanya.

Kolaborasi dengan Kwarda Sulsel dilakukan ungkap Teguh, sebab peserta jambore merupakan anggota gerakan pramuka dari dua kwartir cabang. Terdiri dari Kwartir Cabang Maros dan Kwartir Cabang Pangkep masing-masing putra putri.

"Pesertanya merupakan peserta pada tingkat Penegak atau tingkat satuan SMA/SMK. Formasi peserta terdiri dari unsur pimpinan Kontingen cabang satu orang putra dan putri, pembina damping putra dan putri masing-masing satu orang, peserta dari masing-masing kwartir cabang sebanyak  50 orang putra dan putri," jelasnya.

Lebih lanjut, General Manager (GM) Badan Pengelola Geopark Maros Pangkep, Dedi Irfan menambahkan, event yang tidak kalah besarnya adalah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Geopark. Akan ada pemilihan Ketua Jaringan Geopark Indonesia.

"Ini akan menjadi momen yang besar. Ketua baru dari jaringan Geopark Indonesia akan dipilih di daerah kita. Lebih tepatnya akan berlangsung di Hotel Grand Town," ujarnya.

Deni menambahkan, beberapa konsep kegiatan Rakornas Geopark diantaranya gathering bersama gubernur sulsel, field trip darat dan Rakornas. Selain itu juga ada field trip komunitas Suzuki Katana Indonesia (SKIN) dan kunjungan villa walikota.

"Kita sudah melakukan setingan terkait delegasi untuk melihat langsung jambore Geopark pertama di Indonesia. Mereka akan berbaur dengan peserta jambore, bisa saling sapa, juga akan melihat beberapa atraksi," pungkasnya.[Ikhlas/Arul]
Komentar

Tampilkan

  • Pemkab Maros Rakor Persiapan Rakornas Geopark dan Jambore Geopark Maros-Pangkep
  • 0

Terkini

Iklan