Iklan

Iklan

Polres Soppeng Siagakan 196 Personel di Pilkades Serentak

21 November 2022, 4:05 PM WIB Last Updated 2022-12-02T05:51:53Z

RAKYATSATU.COM, SOPPENG – Sebanyak 196 personel dari Kepolisian Resor (Polres) Soppeng disiagakan dalam rangka melakukan pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Senin (21/11/2022)

Personel yang disiagakan tersebut akan tersebar ke 10 Desa yang mengikuti Pilkades, yang akan berlangsung pada tanggal 23 November 2022 mendatang.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Soppeng, AKBP Santiadjie Kartasasmita menjelaskan, ke 196 Personilnya tersebut akan bertugas untuk memastikan keamanan dan kelancaran proses Pilkades.

“Selain mengamankankan TPS, anggota juga mengamankan kantor desa dan melakukan patroli disekitar desa,” jelas AKBP Santiadjie.

Untuk mempermantap pengamanan, kata dia, sehari sebelum pelaksanaan Pilkades akan dilaksanakan Patroli gabungan TNI, Polri dan Pol PP, dan akan berlanjut sehari setelah pemilihan.

Selain personil Polres Soppeng, pengamanan Pilkades juga akan melibatkan satu pleton anggota Brimob, untuk membantu proses pengamanan.

“Ada Bantuan dari Brimob, dengan jumlah minimal 1 pleton personil, mereka akan mobile ke seluruh desa yang melaksanakan pilkades” jelasnya.

Untuk pemetaan potensi terjadinya konflik, Santiadjie mengungkapkan bahwa, pihaknya memetakan Desa Lompulle masuk ke kategori rawan. Pasalnya, kedua calon memiliki pendukung fanatik yang rawan bergesekan.

“Potensi Kerawanan ada pada Pilkades Desa Lompulle, karena adanya fanatisme dari pendukung kedua calon” kata dia.

Kedati demikian, pihaknya optimis jika proses Pilkades serentak Soppeng akan berlangsung secara kondusif.

“Harapan saya Pilkades berjalan lancar, dan masing masing calon siap menang dan kalah, diharapkan tidak ada fanatisme yang berlebihan dari pendukung sehingga proses perpolitikan berlangsung dengan kondusif,” kuncinya.

Sekedar diketahui, 10 Desa yang mengikuti Pilkades serentak yakni di Kecamatan Marioriwawo ada Desa Gattareng Toa, Desa Goarie, Desa Gattareng, Desa Watu, Desa Soga.

Kecamatan Liliriaja ada Desa Pattojo, Kecamatan Lilirilau ada Desa Tetewatu dan Desa Masing. Sementara Kecamatan Ganra ada Desa Lompulle, kemudian untuk Kecamatan Citta ada Desa Tinco. [Ikhlas/Yudha]

Komentar

Tampilkan

  • Polres Soppeng Siagakan 196 Personel di Pilkades Serentak
  • 0

Terkini

Iklan