Iklan

Iklan

Launching Puspa Harapan, Bupati Fahsar : Bone Stok Pangan Aman

11 November 2022, 4:30 PM WIB Last Updated 2022-12-02T05:52:06Z

RAKYATSATU.COM, BONE – Bupati Bone Dr. HA. Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si melaunching program Puspa Harapan atau pusat pangan sehat, beragam dan pasti aman.

Acara tersebut dirangkaikan dengan gerakan makan telur, sayur dan buah serta senam massal yang di pusatkan di halaman Rumah jabatan Bupati Bone, Jl. Petta Ponggawae, kota Watampone, Jum’at (11/11/2022). .

Kegiatan tersebut digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan berkolaborasi bersama tim Penggerak PKK Kabupaten Bone dalam rangka hari pangan sedunia.

Launching ditandai dengan pelepasan burung merpati ke udara oleh Bupati Bone bersama unsur Forkopimda kemudian dilanjutkan dengan makan telur bersama para peserta senam massal.

Mengawali acara Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bone Hj. Kurniaty A. Fahsar, S.H., Spec. Not dalam sambutannya menyampaikan bahwa gerakan ini adalah gerakan bersama untuk seluruh masyarakat Kabupaten Bone

“Program ini bagaimana kita menggerakkan masyarakat untuk mengkomsumsi telur, sayur dan buah sebanyak banyaknya dan tentunya kita berharap bagaimana mengkomsumsi makanan yang sehat,” kata Kurniaty.

Selain itu Kurniaty juga menyampaikan 10 program pokok PKK yang menjadi program andalan tim penggerak PKK.

Ia berharap gerakan ini bisa menyentuh kalangan bawah hingga ke pelosok desa, kelurahan dan kecamatan. “Gerakan ini tentunya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” harapnya.

Kurniaty juga meminta peran dan tugas tim penggerak PKK bagaimana menggerakkan seluruh masyarakat dan memperhatikan anak-anak agar bisa menjadi generasi emas.

Dalam kesempatan itu Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan Badan Pangan Nasional RI Dr. Rachmi Widiriany, Sp, M.Si menyampaikan, pentingnya kolaborasi seluruh pihak untuk memperkuat ketahanan pangan.

“Ada lima hal harus dilakukan dalam kolaborasi tersebut yaitu, meningkatkan produksi pangan, memperkuat cadangan pangan, meradamkan komsumsi pangan, menghindari prilaku boros pangan dan program harus fokus dan detil melakukan ekstra inpor untuk mengendalian inflasi,” tuturnya.

Bupati Bone HA Fahsar M Padjalangi mengatakan, kegiatan ini adalah kolaborasi dan sinergi antara Pemda Bone dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan bersama Tim Penggerak PKK.

Menurutnya pogram ini sudah pernah berjalan yakni Hatinya PKK namun mandek dan diharap kegiatan ini bisa dibangkitkan kembali melalui Dinas Ketahanan Pangan.

Bupati mengatakan apa yang dilakukan itu sejalan dengan harapan bapak Presiden Jokowi. “Ini untuk mengantisipasi globalisasi ketahanan pangan kedepan maka diharapkan Indonesia sebagai negara lumbung ketahanan pangan yang kuat harus cepat mengantisipasinya,” kata Fahsar.

Begitupun Bone tetap harus antisipasi karena tuntutan nasional dimana Bone dianggap lumbung yang bisa mensuplai daerah daerah lainnya.

“Alhamdulillah kalau Bone stok pangan aman artinya tidak akan ada masyarakat Bone mati kelaparan tidak makan sebab berasnya cukup, itu kelebihan di Bone dan bahkan kita bisa menghidupi berapa daerah yang dianggap perlu perhatian,” ungkap Fahsar.

Bupati berharap ketahanan pangan perlu ada dukungan seperti adanya Launching program Puspa Harapan ini. “Kita berharap mari berdayakan potensi-potensi yang ada disekitar kita,” harapnya. [Ikhlas/Sugi]

Komentar

Tampilkan

  • Launching Puspa Harapan, Bupati Fahsar : Bone Stok Pangan Aman
  • 0

Terkini

Iklan