Iklan

Iklan

Rakor Daerah Pendataan Regsosek, Ini Kata Wabup Soppeng

22 September 2022, 11:41 AM WIB Last Updated 2022-12-02T05:53:17Z

RAKYATSATU.COM, SOPPENG – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Soppeng menggelar rapat koordinasi (rakor) Daerah Pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Tahun 2022, di Triple 8 The Riverside Resort, Jalan Ompo, Rabu (21/9/2022).

Rakor bertemakan Satu data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat ini, dihadiri Wakil Bupati Soppeng, Ir Lutfi Halide, Ketua DPRD Kabupaten Soppeng, para Anggota Forkopimda Soppeng, Ketua Pengadilan Negeri Watansoppeng, Ketua Pengadilan Agama Watansoppeng, para Kepala SKPD, para Camat, para kepala Desa/Lurah se Kabupaten Soppeng.

Sementara Sekda Soppeng Drs H Andi Tenri Sessu bertindak sebagai narasumber bersama Kepala Bapalitbangda Soppeng Andi Agus Nongki dan Kepala BPS Soppeng, Muhlis, serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Soppeng, Drs. Fithratuddin, selaku moderator.

Kepala Badan Pusat Statistik Soppeng, Muhlis, mengatakan bahwa sebagai upaya pemerintah dalam menyediakan basis data perlindungan sosial yang lebih baik ditengah kondisi global yang penuh dengan ketidakpastian. Dengan demikian perlu para kepala desa/lurah untuk menyiapkan data Regsosek yang merupakan basis data perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

“Melalui program itu, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dapat merencanakan berbagai program perlindungan sosial sebagai gambaran dari dampak yang ditimbulkan dari ketidakpastian kondisi global saat ini,” katanya.

Meski demikian, dengan adanya berbagai resiko dalam pengumpulan data Regsosek dengan berbagai keterbatasan. Maka, penugasan ini harus menjadi tanggungjawab dan kita pikul bersama dengan menjalin kolaborasi dan mendukung kesuksesan pelaksanaan awal Regsosek di Soppeng.

Sementara Wakil Bupati Soppeng saat membuka kegiatan mengatakan, pendataan awal Regsosek merupakan buah dari perjuangan panjang dalam menyiapkan data terpadu untuk program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

“Data dari Regsosek nantinya menjadi data tunggal dan akan digunakan oleh semua kementerian dan lembaga juga oleh pemerintah daerah,” terangnya.

Menurut dia, data sangat penting karena dengan mengetahui data, nanti pada saat pengambilan keputusan kita bisa lakukan bersama-sama.

“Saya berharap kepada para kepala desa/lurah sebagai ujung tombak pemerintahan mari kita dahulukan sosialisasi kepada masyarakat,” ucapnya. [Ikhlas/Yudha]

Komentar

Tampilkan

  • Rakor Daerah Pendataan Regsosek, Ini Kata Wabup Soppeng
  • 0

Terkini

Iklan