-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Tag Terpopuler

Program Satu Digit Plus Dinilai Jadi Media Promosi Pelaku Usaha

17 September 2022 | 1:22 PM WIB |

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sinjai tengah mempersiapkan Sistem Pendataan Terpadu, berbasis data tunggal bagi pelaku usaha.

Sistem tersebut dikemas dalam program Satu Digit Plus (Sinkronisasi dan Keterpaduan Mewujudkan Satu Data Terintegrasi Berbasis IT Pelaku Usaha), dengan ouput pemetaan dan data base pelaku usaha.

Kepala DPMPTSP Sinjai Lukman Dahlan saat dikonfirmasi mengatakan, program tersebut dinilai dapat memberikan kemudahan dan manfaat baik pemerintah daerah, pelaku usaha maupun masyarakat.

“Salah satu media promosi produk bagi pelaku usaha, karena masyarakat dapat mengakses data yang telah terhimpun sebelumnya,” kata Lukman.

Kata dia, sistem pendataan berbasis IT ini didukung dengan aplikasi data base yang berfungsi sebagai pencatat informasi seputar data pelaku usaha di wilayah Kabupaten Sinjai sesuai dengan bidang dan kondisi terkini.

“Bagi Pemerintah Daerah inovasi Satu Digit Plus, diharapkan dapat merekam potret pelaku usaha secara utuh, semua data pelaku usaha dimasukkan dalam sebuah sistem digital secara otomatis dan dapat diakses oleh siapapun. Jadi, data dari pelaku usaha untuk pelaku usaha juga,” terangnya.

Dia merincikan, dalam aplikasi tersebut nantinya data-data pelaku usaha seperti jenis usaha, alamat tempat usaha, nomor Induk Keoendudukan pemilik usaha, hingga dokumentasi usaha tersimpan, sehingga membantu para pelaku usaha dalam promosi.

Menurut dia, aplikasi ini juga sebagai pintu masuk untuk pemberdayaan dan mendorong pelaku usaha supaya dapat naik kelas guna mempercepat permulihan ekonomi di sektor tersebut.

Sebagai langkah awal, Pemkab Sinjai melalui tim yang telah dibentuk akan melakukan pensataan secara langsung disetiap pelaku usaha yang ada di Sinjai. Pendataan ini akan dimulai dari tanggal 19 September hingga tanggal 6 Oktober 2022.

Para pendata akan mendatangi seluruh pelaku suaha dan akan mengumpulkan berbagai data yang diperlukan. Data ini akan diolah untuk menjadi satu data yang lengkap dan bermanfaat.

“Kami mengharapkan warga untuk terlibat aktif memberikan data yang benar dan terbuka, sehingga kita dapat data bermanfaat bagi kita semua,” harapnya. [Ikhlas/Sudirman]

×
Berita Terbaru Update