Iklan

Iklan

Kampung Siaga Bencana Maros di Bentuk, Dirjen Kemensos RI Beri Bantuan Dapur Umum

18 September 2022, 11:18 AM WIB Last Updated 2022-12-02T05:53:23Z

RAKYATSATU.COM, MAROS – Kecamatan Maros Baru resmi dijadikan sebagai Kampung Siaga Bencana (KSB) oleh Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros menjadi KSB yang ke-894 dibentuk se-Indonesia.

Pembentukan dan Pencanangan KSB ini dipusatkan, di Lapangan Pallantikang Maros, dihadri Dirjen perlindungan dan jaminan sosial Kementerian Sosial RI, Robben Nico, ditandai dengan simulasi tanggap bencana oleh tim SAR gabungan, Sabtu (17/9/2022) kemarin.

Untuk mendukung kesiapsiagaan menghadapi bencana Kemensos RI memberikan bantuan satu unit mobil dapur umum kepada pemerintah kabupaten Maros.

Dalam pencanangan itu, Robben Nico mengatakan bahwa, kampung siaga becana dibentuk dengan tujuan untuk melatih kesiapsiagaan masyarakat mengahadapi bencana.

“Jadi bagaimana agar masyarakat bisa mandiri, melayani diri sendiri dahulu apabila ada bencana, karena kita tahu bantuan dari kabupaten, provinsi atau pusat membutuhkan waktu,” ujarnya.

Selain itu, pembentukan KSB juga dinilai dari potensi bencana yang ada di daerah tersebut. Seperti yang sebelumnya, Kecamatan Maros Baru usai diterjang bencana puting beliung yang memporak-porandakan sedikitnya 120 rumah.

“Maros ini menjadi salah satu kabupaten rawan bencana, kalau bukan banjir ya angin puting beliung, dan terbaru terjadi di Maros Baru dimana ada 120 rumah yang terdampak,” jelasnya.

Bupati Maros, Chaidir Syam berharap dengan adanya KSB ini masyarakat bisa terlatih dan siaga dalam menghadapi bencana.

“Kami bersyukur Kemensos menempatkan program KSB ini di Kabupaten Maros, tepatnya di Kecamatan Maros Baru yang memang sering terkena bencana,” tambahnya.

Kedaro merupakan yang pertama kali pembentukan KSB di Kabupaten Maros. Namun, sebanyak 60 personel dari berbagai elemen disiagakan dalam program KSB.

“Kita mendapatkan satu lokus dari Kemensos dan kita tempatkan dulu di Maros Baru. Kita siap siagakan satu tim yang terdiri dari 60 orang,” terangnya.

Ia juga menjelaskan dalam KSB ini akan ada lumbung sosial, yang berisi berbagai barang bantuan.

“Isi lumbung sosial ini, ada makanan dan bantuan logistik. Lumbung sosial ini ditempatkan di Kantor Kecamatan, jadi ketika ada bencana, penyaluran bisa lebih cepat,” tutupnya. [Ikhlas/Arul]

Komentar

Tampilkan

  • Kampung Siaga Bencana Maros di Bentuk, Dirjen Kemensos RI Beri Bantuan Dapur Umum
  • 0

Terkini

Iklan