Iklan

Iklan

Bersama Wamentan RI, Wagub Sumut Kunjungan Kerja ke Kabupaten Asahan

17 September 2022, 11:25 AM WIB Last Updated 2022-12-02T05:53:25Z

RAKYATSATU.COM, ASAHAN – Wakil Menteri (Wamen) Pertanian RI Ir. Harvick Hasnul Qolbi dan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah, melakukan kunjungan di Kabuparen Asahan, Sabtu (17/9/2022).

Mereka disambut langsung \Bupati Asahan didampingi Wakil Bupati Asahan, Dandim 0208/Asahan, Kajari Asahan, Mewakili Danlanal TBA, Mewakili Kapolres Asahan, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Para Asisten, OPD, Kepala BUMD Kabupaten Asahan, Kepala Instansi Vertikal Kabupaten Asahan, Camat se-Kabupaten Asahan, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Ketua DWP Dharma Wanita Kabupaten Asahan, di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Asahan.

Di depan Wamen dan Wagub Sumut, Bupati Asahan H. Surya, BSc menyampaikan bahwa, Asagab memiliki potensi pertanian yang besar. Dimana Luas areal persawahan yang ada di Kabupaten Asahan mencapai 8.299 Ha, dengan capaian produksi padi tahun 2021 sebesar 73.525,85 ton dengan tingkat produktivitas 56,62 Kwintal/Ha.

“Hal ini masih harus terus ditingkatkan untuk mewujudkan kemandirian pangan di Kabupaten Asahan. Selain areal persawahan, Kabupaten Asahan memiliki potensi areal perkebunan rakyat seluas 103.375,01 Ha yang terdiri dari areal Kelapa Sawit, Kakao, Karet dan Kelapa Dalam ditambah lagi areal tanaman Hortikultura”, ucap Bupati.

Bupati juga menyampaikan, selain sektor pangan dan hortikultura, ada sektor pertanian lainnya yaitu sektor peternakan di Kabupaten Asahan memiliki potensi yang cukup baik.

“Kabupaten Asahan menjadi penyuplai bagi daerah lain sampai ke manca negara, demikian juga untuk produksi telur total pada tahun 2021 mencapai 37.495,98 ton, dan Kabupaten Asahan juga menjadi penyuplai telur ke Kabupaten dan Provinsi lain,” katanya.

Menurutnya, potensi besar ini tentunya merupakan berkah bagi Kabupaten Asahan untuk terus dikelola dan ditingkatkan agar sektor-sektor strategis ekonomi domestik dapat terus digerakkan dengan menitikberatkan pada upaya mewujudkan kedaulatan pangan dan mensejahterakan petani serta masyarakat.

Dia berharap, kedatangan Wakil Menteri pertanian Republik Indonesia dan Wakil Gubernur Sumatera Utara dapat menambah semangat kami untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan guna peningkatan produksi dan produktivitas pada sektor pertanian di Kabupaten Asahan.

“Kami berharap Bapak Wamentan dan Bapak Wagubsu dapat memberikan perhatian lebih kepada kami di Asahan, karena kami masih membutuhkan dukungan dalam upaya peningkatan sektor pertanian di Kabupaten Asahan seperti bantuan pupuk, alat-alat mesin pertanian, pembangunan jalan usaha tani dan jalan produksi perkebunan serta paket-paket kegiatan peningkatan sumber daya bagi penyuluh-penyuluh pertanian yang ada,” jelasnya.

Diharapkan dukungan tersebut akan mampu memberikan daya dorong yang besar bagi pertumbuhan sektor pertanian yang ada di Kabupaten Asahan ini.

Sementara Wagub Sumut Musa Rajekshah mengatakan, kehadiran Wamentan di Sumatera Utara Kabupaten Asahan menjadi suatu penyemangat bagi kami masyarakat Sumatera Utara untuk meningkatkan hasil pertanian di Sumatera Utara. Dan kami berharap Sumatera Utara dapat mengembangkan lagi hasil Pertaniannya.

Dia juga meminta kepada Bupati Asahan dapat memberikan informasi kepada Kepala Daerah lain, tentang bagaimana meningkatkan hasil pertanian, sehingga Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Utara dapat meningkatkan hasil pertaniannya.

“Dan kami Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan mendukung, karena dengan meningkatkannya pertanian di Sumatera Utara maka ekonomi masyarakat Sumatera Utara akan meningkat”, ucap Wagubsu sekaligus menutup pidatonya.

Ditempat yang sama Wamentan RI dalam bimbingan dan arahannya mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Asahan kepada saya dan rombongan pada hari ini.

Wamentan juga mengatakan, mengapresiasi Sumatera Utara khususnya Kabupaten Asahan yang cukup baik dalam meningkatkan pertanian di Kabupaten Asahan, dan kiita harus optimis dapat meningkat pertanian lebih baik lagi kedepannya.

Selain itu Wamentan mengatakan, kita harus bersama-sama meningkatkan pertanian di wilyah kita, kepada masyarakat diharapkan dapat membantu program tersebut dengan mempertahankan sektor pertanian yang ada.

Kepada Pemerintah Wamentan berharap dapat memikat pengusaha untuk membantu mengembangkan pertanian dan peternakan kita serta memberdayakan BUMD yang ada di Kabupaten/Kota masing-masing.

Setelah usai melaksanakan serangkaian kegiatan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan Wamentan bersama Bupati Asahan, Wakil Bupati Asahan dan Forkopimda Kabupaten Asahan beserta beberapa OPD mengunjungi PT. Hijau Surya Biotechindo yang berada di Kelurahan Sei Renggas, Kecamatan Kota Kisaran Barat untuk melihat secara langsung pembibitan pisang barangan.

Pada kesempatan itu juga Wamentan menyerahkan bantuan benih padi untuk 20 ribu Ha sawah kepada Dinas Pertanian Kabupaten Asahan, bantuan pisang barangan merah kepada kelompok Tani sebanyak 4.000 batang, bantuan padi sebanyak 6.145 Kg, bantuan pupuk sebanyak 20.000 Kg, bantuan bibit ikan gurame dan bantuan pakan ikan. [Ikhlas/Aditia]

Komentar

Tampilkan

  • Bersama Wamentan RI, Wagub Sumut Kunjungan Kerja ke Kabupaten Asahan
  • 0

Terkini

Iklan