-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Tag Terpopuler

Bersama Pemerintah, Baznas Bakal Renovasi 77 Rumah Tidak Layak Huni di Maros

16 September 2022 | 1:56 PM WIB |

RAKYATSATU.COM, MAROS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bakal melakukan renovasi kepada 77 Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) yang sudah terdata di Kabupaten Maros.

Program rehabilitasi kepada rumah-rumah masyarakat miskin agar terciptanya hunian yang layak ini, dibahas dalam Fokus Group Discussion (FGD) dengan tema “Kemiskinan tanggung jawa siapa?”, di ruang Pola Kantor Bupati Maros, Kamis (15/9/2022) kemarin.

Pimpinan Baznas RI, KH Ahmad Sudrajat mengungkap, Maros memiliki potensi yang besar. Pihaknya juga menyebutkan Baznas memiliki fokus utama sebagai lembaga menyejahterakan ummat.

“Dengan bantuan dari masyarakat nya sendiri Maros bisa berkembang. Terlebih dengan potensi alam yang dimiliki masyarakat Maros. Disinilah peran Baznas dalam mengelola zakat dan infaq untuk disalurkan ke masyarakat yang tepat sasaran,” ungkapnya.

Ia menambahkan satu pantun. “Ayu tingting makan opak. Yang penting kita kompak,” sebutnya.

Senada dengan itu Bupati Maros, AS Chaidir Syam mengungkapkan, jika Maros maju itu bukan dibuat oleh Bupati atau Wabup nya. Buka juga dari kadis-kadisnya, melainkan peran dari semua pihak.

“Hari ini kami hadirkan forum CSR Kabupaten Maros, yang ikut diskusi ini adalah beberapa dari kepala CSR. Mereka yang membantu menopang kebangkitan ekonomi masyarakat Maros,” ungkap Chaidir.

Menanggapi tema FGD tersebut, Chaidir berharap, Forkopimda, Ketua Ormas Islam, Kepala CSR turut membantu mewujudkan renovasi 77 rumah. Tentu bisa melalui penyaluran infaq dan sedekah di Baznas ataupun ingin langsung memberikan bantuan dana pada program mewujudkan 77 Rutilahu.

“Angka 77 rumah ini sebenarnya masih memperingati HUT RI ke-77. Jika kita bergerak bersama, tidak mustahil angka ini bisa meningkat jadi 770 rumah,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Maros, Said Pattombongi menuturkan, Program Rutilahu merupakan program untuk membantu meringankan beban pemerintah daerah dalam menuntaskan kemiskinan. Said juga menjelaskan tentang pentingnya program Rutilahu.

“Mengapa rumah, sebab rumah menjadi tempat kita untuk kembali beristirahat. Tempat kita untuk kembali memikirkan apa yang akan kita kerjakan esok hari. Jika masyarakat kita sudah memiliki tempat tinggal yang layak, mereka akan lebih produktif,” tuturnya. [Ikhlas/Arul]

×
Berita Terbaru Update