-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Tag Terpopuler

Apel Akbar Tandai Puncak Peringatan Hari Pramuka di Maros

18 September 2022 | 10:47 AM WIB |

RAKYATSATU.COM, MAROS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros bersama Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Maros memperingati hari Pramuka ke-61, dengan tema “Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”.

Peringatan tersebut dilakukan dengan perhelatan apel akbar di Bumi Perkemahan dan Edukasi Surandrar, Desa Samangki, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Sabtu (17/9/2022).

Dalam Apek Akbar itu, Bupati Maros, AS Chaidir Syam membacakan sambutan seragam Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, bahwa peringatan hari pramuka tahun ini sekaligus memperingati 110 tahun keberadaan gerakan kepanduan di Indonesia.

“Gerakan kepanduan telah ada sejak 1912 di alam Indonesia. Kita patut bersyukur hingga kini kita masih dapat berkembang di gerakan pramuka,” ungkapnya.

Pada peringatan Hari Pramuka ke 61 tahun ini, kata dia, menujukkan tekad Pramuka sesuai dengan tema yang diangkat.

“Tema ini menunjukkan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas diberbagai bidang. Pengabdian yang kita lakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam gerakan pramuka,” kata Chaidir Syam yang juga Ketua Majelis Pembimbing cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Maros ini.

Dia mengatakan, segala bentuk pengabdian telah sesuai dengan kode kehormatan pramuka. Kode tersebut yakni Dwi Satya dan Dwi Darma untuk pramuka siaga. Serta Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan pramuka lainnya.

“Sejak usia pramuka siaga, adik-adik kita telah didik untuk memberikan perhatian terhadap sesama. Hal ini dibiasakan dengan cara-cara sederhana, dimulai dari lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan disekitar tempat tinggal,” bebernya.

Melalui gerakan pramuka, lanjut dia, akan ditekankan pentingnya bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa. Banyak hal positif yang diberikan melalui pramuka.

“Diwujudkan dengan saling menolong dalam semangat persaudaraan. Tidak membeda-bedakan suku, agama, ras, dan antar golongan. Kakak-kakak dan adik-adik telah menunjukkan sikap pramuka sejati,” ungkap Chaidir.

Bersamaan dengan peringatan hari pramuka ke-61 tahun ini, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga menggelar Jambore Nasional (Jamnas) XI tahun 2022. Jamnas tersebut telah berlangsung beberapa waktu lalu di Buperta Cibubur.

“Jamnas telah digelar tanggal 14-21 Agustus lalu. Juga diikuti oleh kontingen seluruh Indonesia, termasuk kontingen Maros. Turut diramaikan gugus depan yang berpangkalan di Perwakilan RI di luar negeri, para pandu dan tokoh pandu dari berbagai negara,” ungkapnya. [Ikhlas/Arul]

×
Berita Terbaru Update