Iklan

11/10/20, 12:21 WIB
Last Updated 2020-10-11T04:21:02Z
ADVERTORIALDaerahPemkab SinjaiSINJAI

Bareng TNI-Polri, Pemkab Sinjai Kerja Bakti Pembersihan Drainase di Kompleks PPI

RAKYATSATU.COM, SINJAI - Pemerintah Kabupaten Sinjai bersama TNI, Polri dan warga melakukan kerja bakti untuk membersihkan drainase alias saluran air di Kompleks Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Lappa, Kecamatan Sinjai Utara, Minggu (11/10/2020).


Aksi bersih-bersih ini dilakukan sebagai upaya mencegah terjadinya banjir, apalagi tumpukan sampah maupun endapan tanah di drainase kerap memicu terjadinya banjir atau genangan air.


Kerja bakti ini dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Sinjai Hj. Andi Kartini Ottong, yang turut dihadiri Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf Ely Asyer Sitompul selaku Ketua Tim Terpadu Normalisasi saluran drainase, Ketua DPRD Sinjai Lukman H Arsal dan Pimpinan OPD.


Dikatakan Andi Kartini, kerja bakti ini diakukan untuk mengantisipasi tersumbatnya saluran air menuju pemukiman warga yang bisa berpotensi menimbulkan luapan air jika musim hujan.


Selain melakukan pembersihan drainase, sejumlah lapak yang berdiri diatas trotoar juga ditertibkan. Para pemilik lapak legowo melakukan pembongkaran. 


"Alhamdulillah saya melihat kesadaran masyarakat ikhlas untuk dibongkar semua yang memang bukan peruntukannya. Sehingga kita berharap penataan TPI Lappa kedepannya semakin bersih dan bagus," ucapnya.


Apalagi kata Andi Kartini, TPI Lappa yang merupakan penyumbang PAD, kerap dikunjungi orang luar yang sekadar datang untuk mencicipi ikan segar. 


"Harapan dari pemerintah daerah, kita mau kuliner di TPI Lappa ini bersih, dan sehat sehinga lebih banyak pengungjung datang. Kerja sama ini akan terus digalakkan disosialisaikan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan," pungkasnya.


Sementara itu, Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf Ely Asyer Sitompul mengaku menerjungkan puluhan personil dalam kerja bakti itu. "Dari TNI kita maksimalkan sekitar 50 personil," ujarnya.


Terpisah salah seorang warga setempat, Ilham mengapresisi Pemerintah Daerah dalam hal melakukan upaya penanganan banjir. Apalagi, saat hujan datang wilayah tersebut digenangi air.


"Hujan sedikit air sudah tergenang karena buntu semua got, dan memang baru kali ini dilakukan pembersihan, mudah-mudahan bukan cuma hari ini dilakukan," kata Ilham. (ads)