-->

Iklan

Iklan

BPJS Kesehatan KC Watampone Selenggarakan Kegiatan Review Diagnosa Pelayanan Primer

09/09/20, 21:41 WIB Last Updated 2020-09-09T13:41:55Z
RAKYATSATU.COM, BONE
– Dalam rangka memastikan akuntabilitas dan meningkatkan kualitas pencatatan data pelayanan kesehatan pada aplikasi P-Care, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Watampone menyelenggarakan kegiatan Review Diagnosa Pelayanan Primer yang dihadiri oleh Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya diantaranya adalah Ketua Ikatan Bidan Kabupaten Bone dan Soppeng, Tim Ikatan Dokter Indonesia Kabupaten Bone, serta Pihak RSUD Tenriawaru, Rabu (09/09/2020).


P-Care BPJS Kesehatan adalah singkatan dari Primary Care. BPJS Kesehatan telah mengembangkan Aplikasi P-Care sejak tahun 2014 dan aplikasi ini digunakan oleh Fasilita Kesehatan Primer (Puskemas). 


Adapun keuntungan bagi Fasilitas Kesehatan Primer menggunakan P-Care BPJS Kesehatan adalah data yang terintegrasi antara Faskes primer dengan BPJS Kesehatan, petugas bisa melihat riwayat kesehatan termasuk pengobatan yang pernah diakses sebelumnya serta dapat meneruskan rujukan ke rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.


 “Tujuan diselenggarakannya kegiatan Review Diagnosa Pelayanan Primer Bersama TKMKB: Pendalaman lebih lanjut tentang detil kualitas entri diagnosis oleh dokter maupun petugas FKTP pada aplikasi PCare, meliputi kesesuaian entrian dengan rekam medis dan pengkodean diagnosis," jelas Kamaluddin Fakih, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Kantor Cabang Watampone.


"Juga melakukan evaluasi ketepatan pemilihan kriteria time, age, complication, dan comorbidity pada rujukan non spesialistik,” tambahnya.


Parameter kualitas entri data pelayanan pada aplikasi P-Care yaitu aspek administratif dan aspek epidemiologi. 


Aspek administratif merupakan parameter untuk melakukan evaluasi terhadap kepatuhan entri data pada aplikasi P-Care (entri data pendaftaran dan entri data pelayanan) sesuai dengan tanggal riil yang diterima peserta. 


Sedangkan aspek epidemiologi merupakan parameter untuk melihat konsistensi perekaman diagnosis.


“Acara ini bagus karena kami bisa belajar banyak dari acara ini. Harapannya acara seperti ini diadakan kembali, melalui kegiatan ini kami bisa saling berdiskusi terkait berbagai masalah yang masih sering muncul, harapannya agar dapat mengurangi permasalahan misalnya salah diagnosa,” tutur Eka, salah satu peserta yang hadir dimana beliau sat ini bertugas di Puskesmas Gaya Baru, Watampone. (Rasul)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BPJS Kesehatan KC Watampone Selenggarakan Kegiatan Review Diagnosa Pelayanan Primer

Terkini

Iklan