Iklan

Iklan

Ketua Kwarcab Sinjai Pimpin Apel Peringatan Hari Gerakan Pramuka

14 Agustus 2020, 2:37 PM WIB Last Updated 2020-08-14T06:37:57Z


RAKYATSATU.COM, SINJAI – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) memimpin Apel Besar Gerakan Pramuka.



Peringatan Hari Gerakan Pramuka ke-59 tahun 2020 yang digelar secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan ini dilangsungkan di Halaman Eks Kantor Bupati Sinjai, Jumat pagi (14/8/2020).



Apel Besar Gerakan Pramuka tersebut mengangkat tema “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara”. Tema ini menjadi tema utama dari seluruh aktivitas dan kegiatan gerakan pramuka tahun 2020 ini.



Dalam amanatnya, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sinjai, ASA mengemukakan, meski gerakan pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan yang fokus pada pendidikan anak dan remaja, bukan organisasi sosial, namun gerakan pramuka tetap aktif melaksanakan kegiatan bakti sosial, bakti masyarakat dan pembangunan masyarakat.



Hal ini sejalan dengan kode kehormatan gerakan pramuka berupa Dwi Satya dan Try Satya, serta Dwi Darma maupun Dasa Darma Pramuka yang bagian utamanya adalah menekankan kepada Pramuka, agar dapat menolong sesama dan mempersiapkan diri serta ikut membangun masyarakat.



“Itulah sebabnya, sejak terjadinya wabah Covid-19 yang telah melanda negara kita, gerakan pramuka selalu tanggap dan mengambil bagian dalam upaya penanggulangannya," ucap ASA yang juga Bupati Sinjai saat membacakan sambutan seragam Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Budi Waseso.



Diharapkan kedepan agar kiranya organisasi ini dapat lebih diperhatikan. Sebagaimana diketahui, jumlah anggota gerakan pramuka saat ini sekitar 25 juta orang dan merupakan yang terbesar di antara organisasi kepramukaan di seluruh dunia.



“Jumlah besar ini merupakan potensi yang sangat bermanfaat apabila dapat dimaksimalkan pembinaannya, agar gerakan pramuka dapat semakin berkembang dan menjadi bagian penting dalam mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang adil dan sejahtera berdasarkan UUD 1945," jelasnya.



Apel Besar Gerakan Pramuka di Bumi Panrita Kitta sebutan daerah Kabupaten Sinjai sendiri diikuti sejumlah pengurus Majelis Pembimbing Pramuka Cabang Sinjai, Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Sinjai, serta para Pandega dan andalan Kwarcab Sinjai dari Sembilan Kecamatan melalui sambungan video conference. (Ads)

Komentar

Tampilkan

  • Ketua Kwarcab Sinjai Pimpin Apel Peringatan Hari Gerakan Pramuka
  • 0

Terkini

Iklan