Iklan

Iklan

Bantu Tangani Covid-19, Ruangguru Akan Sumbangkan Seluruh Pemasukan Prakerja

04 Agustus 2020, 5:21 PM WIB Last Updated 2020-08-04T09:21:29Z

RAKYATSATU.COM, JAKARTA
- Ruangguru mengumumkan bahwa Skill Academy by Ruangguru akan menyumbangkan seluruh pemasukan sebagai mitra platform digital Program Kartu Prakerja kepada negara, melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), untuk membantu penanganan pandemi COVID-19.


Belva Devara, Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru menyampaikan, hingga saat ini, Ruangguru belum menagihkan pembayaran apapun kepada pemerintah terkait Program Kartu Prakerja. Proses rekonsiliasi transaksi dengan PMO perlu dilakukan terlebih dahulu sebelum memproses penagihan. 



Nah, nantinya, setelah pembayaran diterima dan dipotong oleh pajak sesuai dengan peraturan yang berlaku, seluruh pemasukan Skill Academy melalui Program Kartu Prakerja yang terjadi pada platform digital kami selama Gelombang 1 hingga Gelombang 3 akan disumbangkan kepada negara, melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana.



Hitungan kasarnya, jika mengasumsikan bahwa setiap peserta mennggunakan Rp 500.000 untuk pelatihan di Skill Academy, dengan jumlah peserta 310.00 lebih, maka perkiraan bantuan yang nantinya akan disumbangkan Skill Academy by Ruangguru bisa berkisar Rp155 miliar.



Belva menyampaikan, di masa sulit pandemi COVID-19, Ruangguru ingin turut berkontribusi membantu masyarakat. Sehingga, diputuskan untuk menyumbangkan seluruh pemasukan Skill Academy sebagai mitra resmi platform digital di Program Kartu Prakerja, dari awal program dimulai hingga saat ini kepada Negara, untuk membantu penanganan pandemi COVID-19. 



“Kami telah melayangkan surat resmi kepada BNPB yang menjelaskan tentang niat baik kami,” ucap Belva Devara, dalam Siaran Pers, Selasa (5/7/2020).  



Dengan adanya donasi ini, seluruh biaya yang selama ini dikeluarkan untuk Program Kartu Prakerja menjadi tanggungan Ruangguru, termasuk biaya produksi kelas pelatihan, tunjangan instruktur pelatihan, pembangunan infrastruktur daring yang memadai bagi peserta program, layanan konsumen, dan aspek kepentingan usaha lainnya. Hingga saat ini, tercatat ada 310.970 peserta yang memanfaatkan kelas pelatihan Skill Academy di Program Kartu Prakerja selama Gelombang 1 hingga Gelombang 3.



Belva menegaskan, selama berjalannya Program Kartu Prakerja, sejak awal dimulainya program hingga saat ini, Skill Academy sebagai mitra resmi platform digital juga menerapkan kebijakan komisi 0% kepada seluruh mitra lembaga pelatihan di platform digital Skill Academy, dengan tujuan mendukung ekosistem pelatihan di Indonesia.



Bahkan, dalam semangat mendukung pelaksanaan pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi COVID-19, Ruangguru juga turut memberikan layanan gratis ruangkelas, yaitu sistem kelola pembelajaran jarak jauh, kepada seluruh sekolah di Indonesia.



Ia berharap, layanan graris RuangKelas dapat membantu jutaan guru dan pelajar dalam meningkatkan efektifitas belajar mengajar selama pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi.  



Dalam berbagai kesempatan, Kepala BNPB sekaligus Kepala Satgas Nasional Penanganan Covid-19, Doni Monardo menyampaikan apresiasi atas bantuan untuk penanganan Covid-19 yang semakin banyak dilakukan pihak swasta. Menurut Doni, partisipasi publik, dunia usaha,  sangat penting karena menjadi sebuah kekuatan bersama yang bisa meredakan bencana virus Covid-19.  



“Partisipasi publik khususnya dari kalangan dunia usaha juga sangat penting. Dunia usaha tidak akan mungkin sukses tanpa terciptanya situasi yang stabil. Kami berterima kasih sekali kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dalam penanganan Covid-19,” kata Doni. (Rls)

Komentar

Tampilkan

  • Bantu Tangani Covid-19, Ruangguru Akan Sumbangkan Seluruh Pemasukan Prakerja
  • 0

Terkini

Iklan