Iklan

Iklan

Saat Vaksin Covid-19 Ditemukan, Inilah hal yang jadi Kendala

14 Juni 2020, 2:38 PM WIB Last Updated 2020-06-14T06:38:58Z
Istimewa/Int
RAKYATSATU.COM - Penemuan vaksin merupakan hal yang sulit dan kompleks, tetapi yang lebih sulit adalah membawanya ke publik. Saat ini produsen obat di Dunia berlomba untuk mengembangkan vaksin virus corona

Dunia tidak memiliki cukup botol kaca untuk menampung vaksin atau fasilitas untuk mengisi dan mengemasnya, Permintaan akan jauh melebihi pasokan," jelas Vijay Kumar, seorang analis Evercore yang berfokus pada sektor perangkat medis dan ilmu kehidupan, yang dilansir dari CNN Business dalam sebuah wawancara,Jumat (12/6/2020).


Pandemi Covid-19 secara konsisten menunjukkan apa yang terjadi ketika rantai pasokan terhalang oleh lonjakan permintaan dan penurunan permintaan dan bagaimana hambatan yang tak terduga dapat mempengaruhi integritas seluruh sistem.

Amerika Serikat (AS) akan kekurangan dalam memperoleh pasokan "dasar tetapi penting" untuk mengelola vaksin virus corona, kata Rick Bright, mantan direktur Biomedis Penelitian Lanjutan dan Otoritas Pengembangan, dalam ungkapan pengaduannya pada Mei lalu.

Menurut Bright, National Stockpile Strategic hanya memiliki 2 persen dari 650 juta hingga 850 juta jarum dan alat suntik yang dibutuhkan dan para pejabat tidak mengatasi kekurangan botol kaca global.

"Ini bisa memakan waktu hingga dua tahun untuk menghasilkan botol yang cukup untuk kebutuhan vaksin AS, sementara beberapa terapeutik juga akan membutuhkan botol," kata Bright.

Vijay Kumar mengatakan, menggunakan seluruh inventaris botol kaca saat ini untuk vaksin Covid-19 tidak masuk akal karena akan menciptakan hambatan pasokan untuk kebutuhan berkelanjutan seperti flu tahunan dan vaksinasi anak-anak.



Bahan Dasar Botol Vaksin

Gelas medis tidak terbuat dari jenis pasir pantai, dan tidak seperti gelas minuman soda sehari-hari yang ditemukan di banyak rumah tangga.

Botol medis secara tradisional dibuat dengan gelas borosilikat, yang sangat tahan terhadap perubahan suhu ekstrem dan lebih tahan lama secara kimia daripada gelas komersil. Telah terbukti menjaga potensi vaksin dan stabilitas pH.

Tetapi persediaan kaca telah dipengaruhi oleh kekurangan pasir silika, pasir kuarsa yang sangat murni yang merupakan bahan baku standar yang digunakan dalam pembuatan kaca, tulis Kumar dalam catatan penelitian 26 April.

"Kekurangan kaca berasal dari kekurangan pasir: Ada (kurang dari)1.000 tambang pasir di AS," tulis rekan Kumar dan Evercore dalam catatan penelitian 26 April.

"Pasir gurun terlalu halus digunakan untuk kaca, kebanyakan pasir (kuarsa) berasal dari sungai, dan menambangnya dapat memiliki konsekuensi ekologis dan infrastruktur."

Investasi Botol Vaksin

Dalam beberapa hari terakhir, anggaran pemerintah telah digelontorkan untuk meningkatkan jumlah botol dalam rantai pasokan vaksin Covid-19 dan berinvestasi dalam kemasan vaksin alternatif.

Glassmaker Corning (GLW) menerima kontrak federal USD 204 juta atau sekitar Rp 2,8 triliun pada Selasa untuk meningkatkan produksi botol kaca. Dan SiO2 Material yang dipegang swasta menerima kontrak USD 143 juta atau sekitar Rp 2 triliun pada Rabu untuk meningkatkan produksi wadah hibrida yang menggunakan plastik kelas medis melilit lapisan seperti kaca yang 50 kali lebih tipis dari rambut manusia, kata Lawrence Ganti, kepala usaha petugas.

Perusahaan-perusahaan farmasi sedang menjajaki dan menyusun solusi yang mencakup mengemas beberapa dosis ke dalam botol yang lebih besar dibandingkan dengan botol dosis tunggal. Langkah ini menghemat penggunaan botol, tetapi secara drastis meningkatkan peluang pemborosan vaksin, kata Prashant Yadav, pakar rantai pasokan kesehatan dan rekan senior di Pusat Pengembangan Global.

Botol berganda berganda juga dapat meningkatkan risiko kesehatan jika digunakan secara tidak benar, terutama melalui penggunaan kembali jarum, kata Jay Walker, CEO dan Ketua Sistem ApiJect, yang membuat jarum suntik yang diisi sebelumnya.

ApiJect menjadi salah satu perusahaan yang disadap dalam beberapa pekan terakhir untuk membantu mengatasi tantangan rantai pasokan potensial - terutama kekurangan botol serta kendala kapasitas dalam mengisi dan mengemas botol. Proses ini sifatnya kompleks, mahal, dan membutuhkan waktu karena membutuhkan ketelitian dan pengawasan regulasi untuk memastikan kualitas dan keamanan.



Kemasan Alternatif Vaksin

ApiJect menerima dana federal hingga USD 456 juta atau Rp 6,4 triliun pada Maret dan kemudian kontrak federal senilai USD 138 juta atau sekitar Rp 1,9 triliun pada Mei untuk meneliti, mengembangkan dan memproduksi lebih dari 100 juta jarum suntik yang telah diisi pada akhir tahun yang dibuat melalui proses manufaktur di mana wadah plastik steril dibuat, diisi dan disegel dalam hitungan detik. Sistem ApiJect diperkirakan akan memproduksi sekitar 500 jarum suntik yang telah diisi sebelumnya setiap menit.

Produk ini berfungsi sebagai alternatif dari botol kaca tradisional untuk distribusi vaksin.

Dana itu juga akan digunakan untuk perkuatan fasilitas manufaktur yang ada dengan tujuan memproduksi lebih dari 500 juta jarum suntik yang diisi sebelumnya pada tahun 2021. Pada tahun 2022, tujuannya adalah untuk memiliki kapasitas produksi 330 juta unit jadi per bulan, kata seorang Juru Bicara Pelayanan Kesehatan dan Manusia AS kepada CNN Business.

"Kami bagian dari jawaban, tapi kami bukan jawaban keseluruhan," pungkas Walker. [bal]
Komentar

Tampilkan

  • Saat Vaksin Covid-19 Ditemukan, Inilah hal yang jadi Kendala
  • 0

Terkini

Iklan