Iklan

Iklan

Pemkab Sinjai Buat Embung Pengendali Banjir dalam Kota

15 Mei 2020, 10:36 PM WIB Last Updated 2020-05-15T14:36:11Z


RAKYATSATU.COM, SINJAI - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sinjai ternyata sudah melakukan langkah pasti untuk menangulangi genangan air yang terjadi jika musim hujan melanda Daerah ini.


Setelah dari study banding di Semarang tahun (2019) yang lalu, Bupati Sinjai langsung bergerak menginstruksikan bawahannya untuk pembuatan penampungan air genangan.


Hal ini disampaikan Kabid Sumber Daya Air Dinas PUPR Sinjai, Andi Syarifuddin saat ditemui medianini di Ruang kerjanya.


"Pasca kunjungan ke semarang kita sudah bergerak, langsung melakukan pengajuan ke pusat ke kementerian PUPR dan mendapatkan respon, sekarang ini perencanaan pembuatan Embung sudah berjalan dan sudah ditenderkan, " katanya.


Perencananya sendiri menelan anggaran dengan pagu sebesar Rp.736.848.000 dan nilai kontraknya sebesar Rp.666.781.500 yang bersumber dari dana APBN.


Untuk pembangunannya sendiri direncanakan akan dimulai tahun 2021, tempatnya di Sinjai Utara, Kelurahan Bongki dengan seluas 5 Hektar dengan daya tampung 20 ribu meter kubik.


Selain dimaksudkan sebagai pengendali banjir dalam Kota, kedepannya embung ini juga akan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai obyek wisata dan lainnya.


"Dipastikan ketika ini selesai maka akan bisa mengurangi genangan jika musim penghujan tiba, dengan memecah luapan air, " pungkasnya.


Terpisah kadis PUPR sinjai tegaskan kita tidak perlu saling menyalahkan terkait terjadi genangan air ditengah kota saat musim hujan, karena kinerja drainase yang ada saat ini memang sudah menurun, dan perlu di rekayasa dan di tata ulang lagi, ini sudah ada sejak jamannya pendahulu kita, dan sudah saatnya kita memikirkan solusinya bagaimana agar supaya kinerja drainase kota mampu bekerja dan mengendalikan genangan air dikota bisa dimaksimalkan kembali.


"Kita sudah dapat restu anggaran dari pihak kemeterian PUPR pusat dan perencanaannya sudah ditender,dan Insya Allah Mudah2an pembangunan fisikx bisa direalisasikan secepatx sehingga memberikan dampak soluktif terhadap fenomena genangan air dikota sinjai"ungkap Andi Taufik. (Ads)

Komentar

Tampilkan

  • Pemkab Sinjai Buat Embung Pengendali Banjir dalam Kota
  • 0

Terkini

Iklan