Iklan

Iklan

Hj Andi Nurhilda Kukuhkan Bunda PAUD Kecamatan dan Desa

23/12/19, 14:12 WIB Last Updated 2019-12-23T06:12:19Z
RAKYATSATU.COM, SINJAI - Pengukuhan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan dan Kelurahan/Desa Kabupaten Sinjai oleh digelar di Gedung Pertemuan Sinjai, Senin (23/12/2109).

Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai bekerja sama dengan Yayasan Pendidikan Usia Dini (PAUD), Bunda PAUD, Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Sinjai, dan Himpunan Pendidikan Dan Tenaga Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) menggelar pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Kelurahan/Desa yang dipimpin oleh Bunda PAUD Kabupaten Sinjai, Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai, dr. Suryanto Asapa selaku Ketua Panitia Pelaksana melaporkan bahwa latar belakang dari pengukuhan Bunda PAUD adalah untuk menanamkan rasa kesadaran masyarakat Sinjai terhadap pentingnya Pendidikan bagi anak sejak Usia Dini.

Pembangunan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia bertujuan untuk mengantarkan anak Indonesia yang cerdas dan sehat. Upaya mencapai tujuan tersebut membutuhkan dukungan banyak pihak. Seluruh komponen masyarakat harus menyadari bahwa bahwa Pendidikan Anak Usia Dini bukan semata-mata tanggung jawab Pemerintah dan lembaga PAUD saja, akan tetapi orangtua dan masyarakat juga harus bersama berperan aktif menyukseskannya. Keberadaan Bunda PAUD  sangat penting untuk menggerakkan segenap komponen dan sumber daya yang ada dalam mewujudkan ketersediaan layanan PAUD yang berkualitas sesuai dengan Visi Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai yakni Terwujudnya masyarakat Sinjai yang Mandiri Berkeadilan dan Religius melalui Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Berdaya Saing.

Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, SH.,LLM menyampaikan dalam sambutannya bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran yang strategis dalam pengembangan sumber daya manusia Indonesia. Menurut Beliau, PAUD merupakan wadah untuk memaksimalkan pencapaian tumbuh kembang anak, sehingga kelak mereka akan menjadi modal pembangunan yang memiliki daya saing tinggi, yang akan mampu membawa Indonesia menjadi negara bermartabat sejajar dengan negara-negara lain.

“Menyikapi pentingnya PAUD, Pemerintah terus mendorong kesadaran dan partisipasi seluruh lapisan masyarakat untuk menghadirkan layanan PAUD Berkualitas. Mengingat besarnya tantangan yang dihadapi, pemerintah membutuhkan dukungan semua pihak. Salah satu yang sangat strategis adalah dukungan dan peran Bunda PAUD, mulai dari tingkat nasional sampai tingkat desa/kelurahan, sebagai motor Gerakan Nasional PAUD Berkualitas.”

“Karena kehadiran Bunda PAUD yang sangat strategis disetiap jenjang pemerintahan sampai ditingkat kelurahan/desa, sehingga tugas yang diberikan pemerintah kepada Bunda PAUD tidak hanya sebatas bagaimana mewujudkan PAUD yang berkualitas tetapi terdapat tugas-tugas lain yang diamanahkan kepadanya seperti bagaimana membantu pemerintah dalam rangka percepatan penuntasan buta aksara, begitu pula dalam hal pencegahan dan penanganan stunting, sehingga harapan kita Kabupaten Sinjai dapat terbebas dari buta aksara dan stunting.” Jelasnya.

Lebih lanjut, Bupati Sinjai menambahkan agar anggaran yang disisihkan oleh Pemda Sinjai mengenai pembangunan fasilitas PAUD dikelola dengan sebaik-baiknya sesuai prosedur yang ditentukan.

Bunda PAUD Kabupaten Sinjai, Hj. Nurhilda Daramata Seto yang memimpin pengucapan Ikrar Bunda PAUD se-Indonesia dan mengukuhkan Bunda PAUD Kecamatan dan Kelurahan/Desa Kabupaten Sinjai menghimbau kepada Bunda PAUD yang baru saja dikukuhkan agar mengemban amanah dan memberikan dampak positif dalam peningkatan layanan PAUD yang berkualitas di Kabupaten Sinjai.

“Keberhasilan anak usia dini merupakan landasan bagi keberhasilan pendidikan pada jenjang berikutnya. Usia dini merupakan “usia emas” bagi seseorang, artinya bila seseorang pada masa itu mendapatkan pendidikan yang tepat bagi pertumbuhan dan perkembangan jasmani maupun rohaninya, maka ia akan memperoleh kesiapan baik yang merupakan salah satu kunci utama keberhasilan belajar pada jenjang berikutnya.” Jelasnya.

“Terkhusus kepada para Guru PAUD Sinjai agar lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan pembelajaran usia dini bagi anak. Hal ini Agar anak-anak merasa tidak tertekan dan terpaksa menerima pembelajara di usia yang memang semestinya masih dalam tahap bermain.” Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan RI yang menyarankan agar dunia pendidikan tidak berjalan monoton.” Pungkasnya.

Bunda PAUD Sinjai juga menyarakankan agar Bunda PAUD se-Kabupaten Sinjai senantiasa dapat menangani dan memberikan pengetahuan stunting dimulai dengan melihat tumbuh kembang anak PAUD yang ada di daerahnya masing-masing. Termasuk mengingatkan para orang tua anak untuk memberikan asupan gizi seimbang sesuai dengan kebutuhan umurnya. Dikarenakan Kabupaten Sinjai sangat potensial dalam hal Sumber Daya Alam yang mampu menghasilkan bahan makanan yang bergizi.

Pengukuhan ini disaksikan oleh Forkopimda Kabupaten Sinjai, Para Kepala OPD, Para Camat Kabupaten Sinjai, Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Sinjai, Koordinator Pengawas Kabupaten Sinjai, dan Para Tenaga Pendidik Kabupaten Sinjai. (Asw)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hj Andi Nurhilda Kukuhkan Bunda PAUD Kecamatan dan Desa

Terkini

Iklan