ads

19 November, 2019

Korem 141/Tp Gelar Apel Kesiapan Latihan Penanggulangan Bencana Alam di Gowa

Korem 141/Tp Gelar Apel Kesiapan Latihan Penanggulangan Bencana Alam di Gowa
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, GOWA - Korem 141/Tp melaksanakan Apel Kesiapan Latihan Penanggulangan Bencana Alam Korem 141/TP Kodam XIV/Hasanuddin TA. 2019 yang dipimpin oleh Sekda Kabupaten Gowa Drs. H. Muhlis, SE, M.Si, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa Jl. Mesjid Raya Sungguminasa Kelurahan Sungguminasa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa, Selasa (19/11/2019).

Adapun sambutan Danrem 141/Tp, Kolonel Inf Suwarno S.A.P yang dibacakan oleh Sekda Gowa Drs H. Muhlis SE, M.SI Yaitu Pelaksanaan kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam ini memantapkan peran personel Kodim 1409 Gowa dalam pelaksanaan tugas kedepan untuk membantu pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana alam yang sering terjadi di wilayah Kabupaten Gowa.

Dihadapkan kepada kondisi geografis beserta resiko sebagai daerah rawan terhadap bencana, maka dituntut kesiapsiagaan TNI untuk melaksanakan salah satu tugas, peran dan fungsi asasinya sesuai amanat UU Nomor 34 Pasal 7tahun 2004 tentang TNI yaitu melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Bentuk Operasi Militer Selain Perang (OMSP) TNI diantaranya adalah membantu tugas pemerintahan di daerah, membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan serta membantu pencarian dan pertolongan terhadap korban bencana.

Kesiapsiagaan TNI khususnya dalam operasi penanggulangan bencana harus dipelihara dengan menyelenggarakan latihan secara periodik dan terukur sejak mulai perencanaan hingga pelaksanaan operasi di kawasan bencana sebagai bagian dari manajemen bencana. 

Dilanjutkan Danrem 141/Toddopuli Kolonel Inf Suwarno, S.A.P memberikan arahan kepada personel gabungan kesiap siagaan bencana alam.

"Latihan kesiapsiagaan ini kita laksanakan untuk menanggulangi bencana alam yang sering terjadi di wilayah Kabupaten Gowa, berkaca pada kejadian tanah longsor yang terjadi tahun lalu yang mana komunikasi dan jalur perhubungan terputus untuk itu perlunya kita melaksanakan latihan sebelum terjadinya bencana seperti kata pepatah siapkan payung sebelum hujan," tegas Kolonel Inf Suwarno.

"Kita sebagai aparat harus selalu menyiapkan diri sebelum terjadinya bencana bukan melarikan diri dari kejadian karena bencana tidak kita tau kapan akan terjadi," tegasnya lagi

Selain Danrem 141/Tp dan Sekda Kabupaten Gowa, turut hadir dikegiatan tersebut diantaranya, Kasrem 141/Tp Letkol Inf Bobbie Triyantho S.Ip, Dandim 1409/Gowa Letkol Arh Muh. Suaib S.Pd. M. Tr, Kapolres Gowa, AKBP Boyke Samola. Sik Msi, Kasi Ops Korem 141/TP Letkol Inf Apriadi Nidjo.

Hadir pula, Kasi Loq Korem 141/TP Letkol Inf Attero Ruas, Kasdim 1409/ Gowa Mayor Inf Husain Samaun, Pasi Intelrem 141/Tp Mayor inf Andi Usmi, para forkopimda Kabupaten Gowa, Kabak Ops Polres Gowa Kompol Sudaryanto, Panitra Pengadilan Agama Kabupaten Gowa Saharuddin dan para tamu undangan sekira 50 orang.  (Rasul)

Don't Miss

News Feed