Iklan

Iklan

Pemkab Sinjai Terus Galakkan Program GERMAS

16 Oktober 2019, 5:09 PM WIB Last Updated 2019-10-16T09:09:42Z
RAKYATSATU.COM, SINJAI - Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai menindaklanjuti Sosialisasi Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) oleh Dinas Kesehatan melalui pelaksanaan Kegiatan Makan Buah Sekali Dalam Seminggu di Sekolah, bertempat di SMP 6 Sinjai Timur dan SMP 36 Kecamatan Sinjai Borong, Rabu (16/10/2019).

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai, Dr. Andi Suryanto Asapa mengatakan bahwa Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017.

 GERMAS ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud.

Melalui kampanye GERMAS yang erat kaitannya dengan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) ini, kami berharap kepada guru maupun siswa dapat membudayakan pola hidup sehat sejak dini.

Dalam rangka mendukung kegiatan penggerakan masyarakat ini, Diknas juga telah melaksanakan Rapat Tim Pembina Germas dalam rangka persiapan Penggerakan Masyarakat dalam rangka Implementasi Kampanye GERMAS di seluruh sekolah di Kabupaten Sinjai.

Kepala seksi Kesiswaan dan Pembangunan Karakter (Rifyal Mukarram, M.Pd) mengharapkan kepada seluruh sekolah untuk mensosialisaikan GERMAS makan buah sekali dalam seminggu di sekolah masing-masing. Sementara menurutnya, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) sebagai salah satu program di Sekolah mempunyai keterkaitan dengan GERMAS, karena UKS mempunyai tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta menciptakan lingkungan pendidikan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis bagi peserta didik.

Program GERMAS dan UKS merupakan upaya bersama lintas sektor dan lintas organisasi yang didukung oleh seluruh komponen masyarakat kabupaten/kota di Indonesia, termasuk Kabupaten Sinjai agar dapat terlaksana dengan baik.

Kegiatan hari ini diisi pula dengan kegiatan Senam Kesegaran Jasmani, Senam GERMAS, dan Senam Ayo Makan buah. (Asw/Hums)
Komentar

Tampilkan

  • Pemkab Sinjai Terus Galakkan Program GERMAS
  • 0

Terkini

Iklan