Iklan

Iklan

Halangi Tugas Wartawan, RBHI Cabang Bone Laporkan Oknum Pengamanan dan Sekretariat DPRD Bone di Polda Sulsel

14 Oktober 2019, 9:59 PM WIB Last Updated 2019-10-26T11:29:00Z
RAKYATSATU.COM, BONE - Pasca somasi yang dilayangkan Direktur Rumah Bantuan Hukum Indonesia (RBHI) Cabang Bone, Andi Ilham, melalui sejumlah media secara umum dan tak kunjung ada balasan/permintaan maaf atas pelarangan wartawan saat mau masuk meliput pengambilan sumpah Pimpinan Defenitif DPRD Kabupaten Bone, Kamis (10/10/2019) malam lalu, akhirnya Andi Ilham melaporkan oknum pengamanan yang bertugas di pintu masuk ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bone di Mapolda Sulsel, Senin (14/10/2019).

Selain melaporkan oknum pengamanan yang bertugas di pintu masuk ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bone, Andi Ilham juga melaporkan Sekretariat DPRD Kabupaten Bone.

Mereka dilaporkan atas dugaan menghambat dan menghalangi tugas wartawan/jurnalis (Pers).

"Saya sudah memberikan somasi selama tiga (3) hari sejak peristiwa pengambilan sumpah Pimpinan Defenitif DPRD Bone, namun hingga saat ini belum ada itikad baik dari orang yang bertanggung jawab atas ditolaknya wartawan yang hendak melakukan peliputan," jelas Andi Ilham, Senin (14/10/2019) ke Rakyatsatu.com.

"Saya sudah laporkan secara resmi di Mapolda Sulsel, kita tunggu proses hukumnya. Sementara saya perjalanan balik ke Bone," lanjut Andi Ilham.

Menurut pengacara muda ini, terkait laporannya adalah mengacu kepada UU Pers no 40 tahun 1999. Dalam melaksanakan profesi, wartawan mendapatkan perlindungan hukum.

“Setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak 500.000.000 (lima ratus juta rupiah)," pungkas Andi Ilham.

Hingga berita ini dikirim, belum ada tanggapan dari pihak yang terlapor.  (Rasul)
Komentar

Tampilkan

  • Halangi Tugas Wartawan, RBHI Cabang Bone Laporkan Oknum Pengamanan dan Sekretariat DPRD Bone di Polda Sulsel
  • 0

Terkini

Iklan