ads

15 August, 2019

Jamaah Haji Soppeng akan Laksanakan Tawaf Wada

Jamaah Haji Soppeng akan Laksanakan Tawaf Wada
banner 336x280
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, SOPPPENG - Jamaah Haji Soppeng yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 2 Embarkasi Makassar, akan melaksanakan salahsatu rukun Haji, yakni Tawah Wada, Kamis (15/08/2019).

Kepada Rakyatsatu.com, Tenaga Pendamping Haji Daerah (TPHD) Soppeng, H Dipa melalui Kabag Humas dan Protokol Soppeng, Muhammad Ihsan, mengatakan, sebelum menuju ke tanah suci yang direncanakan pada 18 Agustus, para jamaah melakukan tawaf perpisahan.

Sementara kepulangan Jamaah Haji Soppeng akan kembali ketanah air (Makassar, -red) direncanakan pada 19 Agustus mendatang.
"Besok (Jumat, -red) jamaah haji Soppeng akan melakukan tawaf wada sebagai tawaf perpisahan sebelum kembali ketanah air," ungkapnya.

Momen perpisahan dengan Baitullah ini membuat mereka larut dalam suasana sedih bercampur haru dengan penuh harap dan doa semoga Allah SWT memberi kesempatan bagi mereka untuk dapat datang lagi suatu saat ke Baitullah, baik untuk berhaji maupun umrah. 

Sekdar diketahui, Tawaf Wada atau Tawaf Perpisahan adalah salah satu ibadah wajib untuk dilaksanakan sebagai pernyataan perpisahan dan penghormatan kepada Baitullah dan Masjidil Haram. Tawaf ini cukup dikerjakan dengan berjalan biasa.

Tawaf Wada disebut juga Tawaf Shadar (Tawaf Kembali) karena setelah itu jama’ah akan meninggalkan Mekkah untuk pulang ke tanah air masing-masing.

Dalam pelaksanaannya sama dengan tawaf yang lainnya, akan tetapi do’a yang dibaca berbeda untuk semua putaran.


Tawaf Wada adalah tugas terakhir dalam pelaksanaan ibadah haji maupun ibadah umrah. Bagi jama’ah yang belum melakukannya belum boleh meninggalkan Mekkah, karena hukumnya Wajib. Bila tidak dikerjakan maka wajib membayar Dam (denda), dan bila sudah mengerjakan maka tidak dibenarkan lagi tinggal di Masjidil Haram. (Red)
Don't Miss

News Feed