Iklan

Iklan

Apel Besar Peringatan Hari Pramuka Ke-58 dan Kemah Galang Tegak 2019

16 Agustus 2019, 12:28 AM WIB Last Updated 2019-08-15T16:28:13Z
RAKYATSATU.COM, SINJAI - Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke- 58, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sinjai menggelar Apel Besar yang sekaligus dirangkaikan sebagai Upacara Pembukaan kegiatan Kemah Galang Tegak 2019, kamis (15/08/2019).

Upacara yang digelar di Halaman Kantor Bupati lama Sinjai ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Peringatan HUT RI Ke-74.

Peringatan Hari Pramuka yang mengambil tema “Peringatan 58 Tahun Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”, diawali dengan pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, Pancasila, dan Dasa Dharma Pramuka oleh Penggalang Pramuka Kwarcab Sinjai.

Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, yang bertindak selaku Pembina Upacara dalam sambutannya menyampaikan Selamat hari Pramuka yang ke-58. Beliau berharap agar jiwa Pramuka senantiasa tetap semangat, selalu produktif, inovatif, dan kreatif dalam berkarya.

Bupati Sinjai juga menyatakan bahwa sejak awal Pramukan dirancang sebagai alat pendidikan generasi muda untuk menjadi perekat dan siap membangun keutuhan NKRI. Dasar itulah sehingga Pramuka bisa hadir dan diterima oleh masyarakat di semua daerah.

“Tujuan dari Pramuka itu sendiri sangatlah mulia, yaitu untuk mendidik generasi muda jaman sekarang ke hal-hal positif dengan adanya dasar dan metode kegiatan Pramuka yang sesuai dengan norma-norma masyarakat yang berlaku,” ujar.nya

“Dengan begitu, maka akan diperoleh anggota Pramuka yang memiliki moral, mental dan budi pekerti yang bijaksana. Selain itu juga menjadikan manusia yang memiliki jiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kita semua yakin bahwa generasi muda Indonesia adalah generasi yang unggul, hebat, kreatif dan berjiwa ksatria,” sambung Bupati.

Bupati Sinjai juga menginginkan agar para anggota Pramuka senantiasa menjaga dan menanamkan nilai Pancasila, nilai Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka dalam pikiran, perkataa, dan perbuatan.

Dalam Apel Besar ini juga dirangkaikan dengan Penganugerahan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka Lencana Pancawarsa yang disematkan langsung oleh Bupati Sinjai kepada Para Majelis Pembimbinh, Andalan, Pelatih Pembina, Pembina Pramuka, dan Pamong saka dalam jajaran Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan.

Apel Peringatan Hari Pramuka dihadiri oleh Wakil Bupati Sinjai, Hj Andi Kartini Ottong, Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai,  Drs Akbar, Para Pimpinan Forkopimda, Para Kepala OPD, Dewan Pembina Pramuka dan para anggota Pramuka Kwartir Cabang Sinjai selaku peserta Upacara. (Asw/Hums)
Komentar

Tampilkan

  • Apel Besar Peringatan Hari Pramuka Ke-58 dan Kemah Galang Tegak 2019
  • 0

Terkini

Iklan