Iklan

Iklan

Begini Upaya Pencegahan Korupsi Menurut Abraham Samad

26 April 2019, 8:41 PM WIB Last Updated 2019-04-26T12:41:36Z
RAKYATSATU.COM, BONE - Mantan Ketua KPK periode 2011 - 2015, Dr Abraham Samad, mengemukan bahwa ada beberapa penyebab korupsi di Indonesia serta cara mencegahnya.

Hal itu dikemukakan Dr Abraham Samad saat menjadi pemateri di seminar Nasional yang bertema Upaya Pembinaan dan Pencegahan Penyalahgunaan Kewenangan Aparat Penyelenggara Pemerintah dalam Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Bebas Korupsi dan Nepotisme, di Aula STIH Pengayoman Bone, Jl Yoes Sudarso Watampone, Jumat (26/04/2019).

"Salah satu penyebab korupsi adalah gaji kecil sehingga kebutuhan yang tidak mencukupi, ini namanya korupsi karena terpaksa yang mengakibatkan merusak tatanan pelayanan publik. Beda halnya dengan korupsi yang dilakukan para oknum penyebab," ujar Dr Abraham Samad.

Sehingga menurutnya pencegahan korupsi yang baik adalah perpaduan pencegahan dan penindakan.

"Jadi kita harus padukan dengan penindakan dan pencegahan. Setelah kita melakukan penindakan maka dilakukan perbaikan sistem tata kelola, itulah bentuk pencegahan dan tentu perlu ada pendidikan Integritas," jelas Abraham Samad.

Selain Dr Abraham Samad, Wakil Bupati Bone H Ambo Dalle, Kasat Reskrim Polres Bone, Iptu Fahrun, dan Direktur Pasca Sarjana STIH Pengayoman Bone Dr HM Yasin tampil sebagai pemateri.

Pada kegiatan seminar nasional tersebut dilakukan pula pengukuhan pengurus Institut Hukum Indonesia (IHI) Cabang Bone sekaligus IHI pemrakarsa Seminar Nasional bekerja sama Program Pasca Sarjana (S2) STIH Pengayoman.

IHI Cabang Bone dikukuhkan oleh Pembina Yayasan IHI Jakarta H Sulthani. Adapun Ketua IHI Cabang Bone adalah Andi Zainuddin. (Rasul)

Komentar

Tampilkan

  • Begini Upaya Pencegahan Korupsi Menurut Abraham Samad
  • 0

Terkini

Iklan