TNI-POLRI Bersama Pemkab Bone Laksanakan Skenario Simulasi Kesiapan Latihan Pam Pileg dan Pilpres di Wilayah Korem141/Tp
Cari Berita

Advertisement

IKSAN NEW

Advertisement

TNI-POLRI Bersama Pemkab Bone Laksanakan Skenario Simulasi Kesiapan Latihan Pam Pileg dan Pilpres di Wilayah Korem141/Tp

Rakyat Satu
07 February, 2019

RAKYATSATU.COM, BONE - Meski Kabupaten Bone sudah termasuk kategori Hijau dalam pelaksanaan pesta demokrasi namun, TNI-POLRI di Kabupaten Bone tidak mau terlena dengan status kategori tersebut. Bahkan itu dijadikan sebagai motivasi untuk lebih berbuat lagi dalam pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Seperti pada hari Kamis (07/02/2019) sekira pukul 08.00 Wita, personel Korem dan Balak Rem 141/Tp, Kodim 1407/Bone, Polres Bone, Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda Sul Sel dan Pemkab Bone melalui Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bone melaksanakan Skenario Simulasi Kesiapan latihan pengamanan pemilihan umum legislatif dan presiden di wilayah Korem 141 Toddopuli tahun 2019, di lapangan Merdeka, Jln Petta Ponggawae Watampone.

Paur Prod Penrem 141/Tp, Lettu Arh Darwis, mengatakan, latihan ini fokus untuk membantu pengamanan Pileg dan Pilpres 2019 terutama dalam penanggulangan massa huru hara yang anarkis.

“Pelaksanaan latihan ini untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan yang andal dalam melaksanakan tugas perbantuan kepada pemerintah daerah dan Polri dalam pengamanan Pemilu," ujarnya.

Selain latihan pengamanan anti huru-hara, personel juga diberikan materi tentang tahapan penyelenggaraan Pemilu sesuai Undang-Undang tentang Pemilu, komunikasi sosial dan pembinaan ketahanan wilayah.

Selain itu, materi prosedur dan mekanisme permintaan dan pemberian bantuan kepada Polri dalam rangka Kamtibmas, penanggulangan kerusuhan massa, penanganan konflik sosial, pengamanan objek vital dan prosedur pengerahan pasukan untuk pelaksanaan pengamanan Pemilu dengan cepat dan baik.

“Dengan adanya latihan ini, diharapkan dapat terwujud sinergitas antara instansi terkait seperti Polri dan Pemda setempat, sehingga latihan ini akan benar-benar menjadi acuan pada pelaksanaan tugas pengamanan pemilu legislatif dan presiden yang sebenarnya," jelas Lettu Arh Darwis.

Turut hadir Pada kegiatan tersebut, Staf Ahli Kodam XIV/Hasanuddin Kolonel Inf. Muhammad Ali, Kasrem 141/Tp Letkol Inf Bobbie Triyanto, para Dan Kabalakrem 141/Tp, para Kasi dan Pasirem 141/Tp.

Wasev Mabes TNI Mayor Laut Faizal, Komandan Detasemen C Pelopor Sat Brimob Bone Kompol Nur Ichsan, para pasi dan Danramil kodim 1407/Bone, Kabak Ops polres Bone Kompol Hj Samsualan.

Personil Pama, Bintara, Tamtama Korem 141/Tp, Kodim 1407/Bone, personil Polres dan Brimob Bone serta Basarnas Bone. (Rasul)