ads

07 February, 2019

Kunjungi BPKP Sulsel, Komisi I DPRD Wajo Bahas Ini

Kunjungi BPKP Sulsel, Komisi I DPRD Wajo Bahas Ini
banner 336x280
RAKYASTATU.COM, WAJO - Komisi I DPRD Kabupaten Wajo melakukan kunjungan konsultasi ke Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan.

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan referensi terkait dorongan terhadap Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo dalam Peran Pengawasan secara internal atas Pengelolaan Pertanggungjawaban Keuangan oleh Kepala OPD dalam pelaksanaan instrument Sistem Pengendalian Internal (SPI).

Rombongan diterima langsung Kepala Perwakilan BPKP, Arman Sahri Harahap, Korwas APD I, Sigit Sulitiyohadi, Korwas AN II, Triyono JP dan Korwas Investigasi I, Ide Juang Humantito beserta Staf terkait.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Wajo, H Ahsanul Hak Nawawi, Rabu (07/02/2019), menyampaikan bahwa kunjungan kerja ini dimaksudkan untuk mendapatkan referensi terkait dorongan terhadap Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo.

Dikatakannya, pelaksanaan pengawasan dan pemeriksaan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah yang dihadapi Inspektorat Daerah untuk mencapai tujuan berkelanjutan dalam jangka panjang namun efektif dan efesien.

Sementara Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulsel, Arman Sahri Harahap menyatakan bahwa BPKP akan selalu berupaya membantu seluruh Pemerintah Daerah khususnya Kabupaten Wajo dalam melaksanakan tata kelola pemerintahan yang baik.

Dengan SPIP, kata dia, ini akan menjadi sistem deteksi dini (Early Warning System) sebagai penunjuk atau tanda tidak ada penyimpangan yang terjadi.

"Sistem deteksi dini tersebut selama ini belum dapat berjalan dengan baik karena hanya mengandalkan pengawasan APIP, padahal dalam manajemen, APIP berada pada lini ketiga, lini kesatu ada pada Manajemen OPD, lini kedua itu tim Adhoc yang dibentuk seperti Satgas SPIP/tingkat kabupaten dan tim/ Satgas lainnya," pungkasnya.
 (Advertorial Humas DPRD Wajo)
Don't Miss

News Feed