ads

15 February, 2019

Asah Kemampuan, Puluhan Siswa SMP di Maros Ikuti Lomba Pidato Bahasa Inggris

Asah Kemampuan, Puluhan Siswa SMP di Maros Ikuti Lomba Pidato Bahasa Inggris
banner 336x280
RAKYATSATU.COM, MAROS - Sebagai bentuk edukasi kepada siswa, Dinas Pendidikan Kabupaten Maros, mengadakan lomba Pidato berbahasa Inggris, di Gedung Serbaguna Maros, Jumat (15/02/2019).

Lomba tersebut diikuti puluhan siswa perwakilan masing-masing sekolah SMP, di Kabupaten Maros.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah, Dinas Pendidikan Kabupaten Maros, H Abd Muis mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu ajang kompetisi untuk menggali kemampuan siswa untuk berpidato menggunakan bahasa Inggris secara tepat, akurat dan bermakna.

"Lomba ini juga merupakan salah satu program tahunan bidang pendidikan SMP," kata Muis saat membuka acara tersebut.

Dikatakan dia, lomba ini bertujuan untuk melihat dan meningkatkan kemampuan siswa SMP di Maris dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

"Kita harap kegiatan ini bisa meningkatkan akademis siswa dibidang mata pelajaran Bahasa Inggris, sehingga memiliki kemampuan dan kualitas untuk bersaing di era globalisasi," sambungnya.

Sementara itu, salah satu pengawas mata pelajaran bahasa Inggris, Drs Abdullah menilai, kegiatan tersebut dianggap penting. Pasalnya, berpidato menggunakan bahasa Inggtis merupakan proses untuk men­dapatkan suatu kemampuan dan keterampilan siswa.

"Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan dalam lingkup dunia sebagai bahasa antar negara. Di dalam kurikulum pendidikan Indonesia pula, bahasa ini dijadikan sebagai pelajaran wajib bagi pelajar. Artinya pembelajaran bahasa Inggris menjadi sangat penting," jelasnya.

Senada dengan salah seorang guru bahasa Inggris SMP 19 Moncongloe Sri Fardillah. Ia menilai, kegiatan semacam ini penting bagi pelajar untuk menumbuhkan keberanian dan mampu berkreasi di panggung kompetisi dengan pelajar lain.

"Yang paling penting pengalaman yang didapat dan niat untuk terus belajar meningkatkan kualitas diri," tandasnya.

Sementara itu, Nurlatifa pelajar kelas IX/a SMPN 7 Cenrana  yang mengikuti kompetisi ini mengungkapkan rasa senangnya bisa mengikuti kegiatan ini, walau dengan waktu latihan yang cukup singkat.

"Saya merasa senang bisa mewakili sekolah kami untuk ikut lomba pidato berbahasa Inggeris. Walau dengan waktu latihan yang singkat,  namun, dorongan dan motivasi dari pihak sekolah, kawan-kawan sehingga saya berusaha menjadi yang terbaik," ujar Nurlatifa. (Rul)
Don't Miss

News Feed