Iklan

Iklan

Air Perasan Lemon Sebagai Obat Maag Ampuh ?

08 Januari 2019, 12:20 PM WIB Last Updated 2019-01-08T04:20:35Z
Ilustrasi Lemon (Int/Ist)
RAKYATSATU.COM - Bagi Anda yang pernah terserang penyakit maag (gastritis), pasti sudah paham bahwa penyakit ini bisa sungguh menyiksa lambung.

Banyak yang percaya bahwa salah satu jenis makanan dan minuman yang perlu Anda hindari adalah yang sifatnya asam, misalnya lemon.

Namun, penelitian yang akhir-akhir ini dilakukan justru menguak fakta bahwa jenis asam tertentu bisa membantu lambung yang mengalami peradangan agar lebih cepat pulih kembali. Lemon yang tadinya dianggap sebagai musuh bagi lambung yang sedang bermasalah justru bisa jadi solusi yang aman.


Penyakit sakit maag yang juga sering dikenal sebagai radang lambung, terjadi karena terjadinya peradangan atau pembengkakan pada dinding mukosa lambung. Inilah yang menyebabkan lambung Anda terasa perih dan sakit. Jika sakit maag muncul hanya sebentar dan mendadak, itu berarti Anda menderita gastritis akut. Namun, jika sakit maag yang Anda rasakan berlangsung cukup lama dan sering terjadi, Anda menderita gastritis kronis.

Peradangan atau pembengkakan ini terjadi karena beberapa faktor risiko. Beberapa jenis obat-obatan dilaporkan juga bisa menyebabkan radang lambung. Ini disebabkan oleh reaksi kimia dari obat-obatan tertentu seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen yang mengakibatkan infeksi pada lambung.

Selain itu, tidak menjaga pola makan yang sehat dan ketergantungan terhadap alkohol atau obat-obatan terlarang juga bisa meningkatkan risiko lambung Anda terserang gastritis. Penyebab lainnya adalah infeksi bakteri oleh Helicobacter pylori (H. pylori).

Kandungan asam askorbat dan sifat basa pada lemon
Buah lemon kaya akan kandungan asam askorbat dan alkali yang berguna bagi proses penyembuhan gastritis. Asam askorbat adalah senyawa kimia yang juga dikenal sebagai vitamin C. Berbeda dengan asam sitrat, bahan aditif yang banyak ditemui pada produk makanan dan minuman olahan, asam askorbat adalah asam alamiah yang bisa Anda dapatkan dari buah-buahan seperti lemon, jeruk, dan kiwi.

Selain asam askorbat, lemon juga bisa menambah mineral alkali dalam tubuh karena sifatnya yang basa. Sebelum dicerna oleh tubuh, lemon memang tergolong asam karena mengandung pH di bawah 7. Namun, ketika lemon sudah dicerna dan masuk ke dalam aliran darah, lemon akan berubah sifatnya menjadi basa dengan pH di atas 7. Maka, Anda tak perlu khawatir bahwa lemon akan menjadi asam yang berbahaya bagi struktur sel dalam tubuh.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Digestive Diseases and Sciences, asam askorbat dalam lemon sangat penting bagi lambung karena kemampuannya menyembuhkan luka akibat peradangan.

Selain itu, penelitian ini juga menjabarkan bahwa asam askorbat menyimpan zat fitronutrien yang berfungsi untuk melawan bakteri H. pylori, yaitu bakteri yang menyebabkan infeksi pada dinding mukosa lambung. Zat inilah yang membuat lemon memiliki sifat antivirus dan antibakteri.

Senyawa yang terkandung dalam lemon juga akan memicu produksi mukus atau lendir yang bertugas untuk melindungi lambung dengan cara menyeimbangkan asam klorida (HCl) yang lebih sering disebut asam lambung. Lambung dengan asam klorida yang terlalu banyak akan lebih berisiko mengalami luka atau peradangan.

Cara membuat air lemon 

Karena lemon memiliki khasiat yang baik bagi lambung dengan gastritis, Anda bisa mencoba terapi minum air hangat dengan perasan lemon setiap pagi. Jika dikonsumsi secara rutin, Anda akan merasakan manfaatnya yaitu nyeri pada lambung dan mual akan mereda. Pada beberapa kasus, banyak yang melaporkan ketika sakit maag kumat lagi, perihnya tidak terasa separah dulu sebelum memulai terapi dengan air lemon.

Membuat air lemon sangat mudah dan cepat. Siapkan satu buah lemon dan potong setengah atau seperempat. Peras sarinya dan campurkan dengan satu gelas air putih hangat. Anda bisa langsung meminum air perasan lemon ini atau ditambahkan satu sendok teh madu agar terasa lebih manis. Minum air lemon ini setiap Anda bangun pagi, sebelum memulai aktivitas atau berolahraga
Komentar

Tampilkan

  • Air Perasan Lemon Sebagai Obat Maag Ampuh ?
  • 0

Terkini

Iklan