Begini Cara Kodim 1407/Bone Tanamkan Patriotisme Kepada Generasi Muda

Begini Cara Kodim 1407/Bone Tanamkan Patriotisme Kepada Generasi Muda
RAKYATSATU.COM, BONE - Kodim 1407/Bone memiliki cara tersendiri dalam menanamkan rasa cinta tanah air (patriotisme) kepada generasi muda di Kabupaten Bone, khususnya kepada pelajar SMP/sederajat dan SMA/sederajat.

Seperti yang diungkapkan Kepala Penerangan Kodim 1407/Bone, Sertu Salama bahwa Kodim 1407/Bone tanamkan rasa cinta tanah air kepada generasi muda melalui Latihan Bela Negara yang dipusatkan di Pantai Tete Desa Bone Pute, Kecamatan Tonra, Selasa (04/12) sore.

"Sebanyak 85 orang pelajar SMP dan SMA Atirah Kabupaten Bone mengikuti latihan bela negara tersebut," ujar Sertu Salama.

Sebelum ke pantai Tete, latihan bela negara SMP dan SMA Atirah Kabupaten Bone terlebih dahulu dilakukan pembukaan di halaman sekolah tersebut di Jl Sungai Musi, Kelurahan Panyula, Kecamatana Tanete Riattang Timur dan dibuka langsung oleh Kepala Sekolah SMA Athirah Bone Syamsul Bahri, S.Pd.I, Selasa (04/12) pagi.

Dalam sambutannya Syamsul Bahri, S.Pd.I mengatakan bahwa kegiatan latihan bela negara ini sangat penting untuk mendidik  sikap, kepribadian, disiplin, kemandirian dan jiwa kepemimpinan serta tanggung jawab sebagai warga Negara Indonesia. Dimana dengan sasarannya generasi muda yang nantinya akan menjadi penerus bangsa.

"Dengan kegiatan ini tentunya siswa-siswi dapat menjadikan hasil latihan untuk diimplementasikan baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat," ujarnya.

Ia juga berpesan agar para siswa-siswi tersebut dapat memanfaatkan latihan bela negara ini dengan baik. 

"Saya harap mereka bisa mengikuti setiap kegiatan dengan gembira dan penuh rasa tanggung jawab. Dengan adanya kegiatan seperti ini, anak-anak bisa mempunyai sifat lebih disiplin. Untuk menjadi pemimpin mereka harus disiapkan kedisiplinannya, kejujurannya sehingga mereka bisa menyadari Negara kita utuh karena perjuangan," tambahnya.

Ia juga menegaskan, bahwa dalam menjaga keutuhan NKRI bukanlah melulu harus mengangkat senjata. Namun lebih kepada kepemahaman betapa pentingnya kesadaran akan persatuan.

"Latihan Bela Negara bukan berarti semua orang harus angkat senjata, tapi mencapai pemahaman bahwa ketahanan dan keamanan Negara ini milik kita bersama," pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapten Inf M.Yusuf (Danramil 1407-03/Tellusiattingnge), Kapten Inf. Kamaluddin (Pasi ter Kodim 1407/Bone), Kapten Arh.Arifin(Danramil 1407-14/Libureng), Lettu Agus (Pasi Pers Kodim 1407/Bone), Para guru dan Pembina SMP-SMA Athitah Bone.  (Rasul)

loading...
close
Rakyatsatu