Peringati Hari Pahlawan ke 73, IKSA PP Bone Sambangi Pejuang Bone

Peringati Hari Pahlawan ke 73, IKSA PP Bone Sambangi Pejuang Bone
RAKYATSATU.COM, BONE - Ikatan Sarjana Pemuda Pancasila (IKSA PP) Bone, memiliki cara tersendiri dalam memperingati Hari Pahlawan ke 73 tahun 2018.

IKSA PP Bone yang merupakan salah satu lembaga otonom Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Pemuda Pancasila (PP), memperingati Hari Pahlawan pada tahun ini dengan menyambangi Passe, salah seorang veteran kemerdekaan di Jl Andi Pangeran, Kelurahan Masumpu, Kecamatan Tanete Riattang, Sabtu (10/11), sekira pukul 16.00 Wita.

Ketua IKSA PP Bone, Andi Yuni Gerhani, SE, mengatakan, kunjungannya ke rumah Passe, sebagai salah satu bentuk perhatian dan wujud keprihatinan PP melalui IKSA PP Bone terhadap mantan pejuang.

"Ini bentuk kepedulian dan keprihatinan kita dan tentunya suatu penghormatan kita kepada para pahlawan dan pejuang yang masih hidup hingga sekarang ini, sebagai generasi yang harus mengisi Proklamasi Kemerdekaan RI," jelas Andi Yuni Gerhani.

Selain itu, kunjungan ke rumah Passe, sekaligus sebagai bentuk jalinan silaturahim disamping memberikan santunan dan piagam penghargaan kepada Passe yang merupakan veteran kemerdekaan.

Lanjutnya, ia merasa terharu sangat mendengar cerita Passe, salah satu pejuang yang turut menurunkan bendera Merah Putih Biru milik Belanda di Kabupaten Bone, Jl Petta Ponggawae Watampone yang kini menjadi rumah jabatan Bupati Bone.

Passe yang sudah tua renta, saat ini melakoni hidupnya sebagai tukang becak untuk mencari nafkah guna memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Ia pun sangat terharu mendengarkan sejarah lokal dan kisah kakek tersebut saat menjadi pejuang zaman dulu (zaman penjajahan Belanda) yang pernah dialami Passe. Meski sudah tua atau kakek-kakek, tapi jiwa nasionalismenya tak pernah surut.

"Saya sangat terharu mendengar cerita kakek Passe terkait jiwa pejuang yang dimilikinya. Saat saya tanya, apakah tiap tanggal 17 Agustus dan 10 November mendapatkan undangan untuk menghadiri upacara, Passe dengan tegas menjawab, tanpa diundang pun dirinya akan hadir, itu perintah komandan saya," tegas Passe yang ditirukan Andi Yuni Gerhani.

Sementara itu, Ketua PP Kabupaten Bone, Andi Hasruddin Nur, SE, mengatakan, dalam momentum hari Pahlawan yang merupakan salah satu hari bersejarah, sudah menjadi agenda tahunan di organisasi PP.

"Ini sudah menjadi agenda tahunan PP, bukan hanya PP di Kabupaten Bone," pungkas Andi Hasruddin Nur yang akrab disapa Andi Lunding.  (Rasul)

loading...
close
Rakyatsatu