Penanaman Perdana Bawang Putih, Bupati Sinjai Harap Dijadikan Contoh Kelompok Tani Lainnya

Penanaman Perdana Bawang Putih, Bupati Sinjai Harap Dijadikan Contoh Kelompok Tani Lainnya
RAKYATSATU.COM, SINJAI - Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa melakukan penanaman Perdana Bawang Putih di Dusun Idaman Desa Arabika Kecamatan Sinjai Barat, Kamis (08/11).

Penanaman bawang putih ini merupakan uji coba yang diberikan kepada 2 kelompok tani seluas 10 Hektar, yakni kelompok tani Bunga-bungae Kelurahan Balakia seluas 5 Hektar dan Kelompok Tani Mitra Hollti Desa Arabika seluas 5 Hektar.

"Penanaman ini Uji coba di kabupaten Sinjai untuk 2 kelompok tani, tujuannya untuk pemenuhan komsumsi dalam negeri dan impor serta pemenuhan swasembada komuditi bawang putih di Sulsel khususnya di Sinjai," pungkas Hj. Marwatiah Kepala Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Sinjai.

Sementara itu, Andi Seto mengungkapkan, sasaran dari kegiatan pengembangan bawang putih ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan produksi dan produksivitas pemenuhan komsumsi dan industri serta mengurangi ketergantungan impor terhadap komuditi bawang putih.

Lanjut Andi Seto, pengembangan ini juga diharapkan tidak hanya untuk dikomsumsi tapi juga sebagai penangkaran untuk menjamin ketersediaan bibit/benih bawang putih di pengembangan selanjutnya.

"Pengembangan bawang putih ini diharapkan bermanfaat bagi para kelompok tani sehingga produksi yang dihasilkan dapat berkelanjutan secara swadaya, dan menjadi contoh bagi kelompok tani lainnya," ujarnya.

Selain melakukan penanaman perdana bawang putih, Bupati Sinjai yang juga didampingi Ketua dan Wakil Ketua DPRD Sinjai, Kapolres Sinjai, Dandim 1424 serta kepala Perangkat Daerah,juga meresmikan jalan tani sepanjang 500 meter di dusun Wali-walie, Kelurahan Balakia, Kecamatan Sinjai Barat. (AS)
loading...
close
Rakyatsatu