Iklan

Iklan

Kodim 1420/Sidrap Bekali Wawasan Kebangsaan Saka Pramuka Wira Kartika Sidrap

23 November 2018, 8:51 PM WIB Last Updated 2018-11-23T12:51:07Z
RAKYATSATU.COM, SIDRAP - Ratusan anggota Satuan Karya (Saka) Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika mendapatkan pembinaan wawasan kebangsaan dari personel Kodim 1420/Sidrap di Aula Makodim 1420/Sidrap Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidrap, Kamis (22/11) kemarin.

Paur Prod Penrem 141/Tp, Lettu Arh Darwis, mengatakan, kegiatan tersebut bertema "TNI AD melalui pembinaan wawasan kebangsaan dan Kepramukaan Saka Wira Kartika, siap membina masyarakat serta generasi muda yang berkarakter, berwawasan kebangsaan serta berjiwa kesatria guna menumbuhkan rasa cinta tanah air, mempererat Bhineka Tunggal Ika-an dan menjaga keutuhan NKRI".

Lanjutnya lagi, Saka atau Satuan Karya Pramuka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional. Saka yang dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara.

"Tema kegiatan wawasan kebangsaan yang dilakukan Kodim 1420/Sidrap dan tujuan pembentukan Saka Pramuka Wira Kartika sangat berkaitan erat," jelas Lettu Arh Darwis, yang juga salah seorang pembina Pramuka di Makorem 141/Tp, Jumat (23/11).

Pada kegiatan tersebut, Dandim 1420/Sidrap, Letkol Inf Jamot Parluhutan.S, S.Sos melalui Pasiter Kodim/1420, Kapten Arm Amir S, mengatakan bahwa, dalam kegiatan Saka Wira Kartika kali ini Kodim/1420 Sidrap memberikan wawasan kebangsaan kepada para pelajar SMA yang ada di Kabupaten Sidrap, agar para pelajar tersebut lebih mengenal Pancasila, Undang-Undang Dasar serta NKRI.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan anak-anak kita para Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1420 Sidrap, dikarenakan para Siswa dan Siswi sekarang ini kurang memahami tentang wawasan kebangsaan khususnya Pancasila dan Undang-undang Dasar," ujar Pasiter Kodim 1420/Sidrap.

Lanjutnya, Kodim/1420 Sidrap mempunyai program sesuai dengan perintah dari Komando atas melaksanakan kegiatan ini dengan ditambahkan beberapa permainan outbond nantinya.

"Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap dapat menambah wawasan para pelajar, khususnya anggota Saka Pramuka Wira Kartika terkait Pancasila dan UUD 1945 serta lebih meningkatkan dan menumbuhkan lagi rasa kebersamaan dan jiwa korsa dalam diri masing-masing melalui permainan outbond," jelas Kapten Arm Amir.S

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Danramil 1420-03 Kapten Inf Haryono Mansyur, SE, para Babinsa, Pembina dan pelatih Saka Wira Kartika serta 100 orang pelajar SMA sederajat Pramuka Saka Wira Kartika se-Kabupaten Sidrap.  (Rasul)
Komentar

Tampilkan

  • Kodim 1420/Sidrap Bekali Wawasan Kebangsaan Saka Pramuka Wira Kartika Sidrap
  • 0

Terkini

Iklan