PJ Gubernur Sulsel, Sumarsono : Kalau Ingin Melihat Indonesia, Datanglah ke Tana Toraja

PJ Gubernur Sulsel, Sumarsono : Kalau  Ingin Melihat Indonesia, Datanglah ke Tana Toraja
RAKYATSATU.COM, TANA TORAJA - Perayaan puncak HUT Tana Toraja ke-61 dan HUT Toraja ke-771, berlangsung dengan sangat meriah di Lapangan Sepakbola Ge'tengan, Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja, Juma (31/08).

Pejabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan, DR Sumarsono, MDM, dalam sambutannya mengatakan, sangat senang diberi kesempatan menghadiri ulang tahun Tana Toraja, yang banyak memberikan pelajaran.

Sumarsono menyampaikan beberapa hal yang tersirat dalam perayaaan, yakni kentalnya makna keberagaman dalam persatuan Indonesia.

"Kalau Ingin Melihat Indonesia, datanglah ke Tana Toraja," ungkap Sumarsono.

Selain itu, kedekatan Bupati Tana Toraja dan Wakil Bupati terhadap rakyatnya, membuatnya terkagum-kagum.

Berbagai atraksi yang ditampilkan dalam perayaan ini, yakni To Manganda', To Ma' Randing, Pakaian Nusantara, Pa' Katekka, Pengibaran Bendera Merah Putih, bendera Kabupaten dan bendera Kecamatan, yang diiringi Lagu " Kebyar-Kebyar".

Dalam perayaan pun, Sumarsono diberikan gelar oleh para tokoh adat  se-Kabupaten Tana Toraja, yakni Todidullu Tekken Untorroi Lolokna Sendana Lalong Dituro Takba Unnisunngi Lotik Lotikna Baranak Toding Lanlilikna Sulaesi Selatan Ambena Tellu Bojjoe Rannunna Appa pada pada, yang arti dia adalah kebanggaan Sulsel pelindung semua etnis.

Pemberian gelar itu diresmikan dengan pemakaian La'bo' (parang) sebagai ikat pinggang oleh Wakil Bupati Tana Toraja, Viktor Datuan Batara. (Kris)
loading...
close
Rakyatsatu