Pemda Soppeng Siapkan Rp1,3Milyar Untuk 1.462 KPM

Pemda Soppeng Siapkan  Rp1,3Milyar Untuk 1.462 KPM
RAKYATSATU.COM, SOPPENG - Pemda Soppeng menggelar Launching Program Bantuan Sosial Pangan (Bantuan Sosial Rastra) Kabupaten Soppeng melalui APBD tahun anggaran 2018 di Perum Bulog Kanlog Soppeng Jln. Laburawung, Kamis (05/07).

Kadis Sosial Kabupaten Soppeng H. Nurdin, dalam laporannya menuturkan, Bantuan Sosial Pangan (Bantuan Sosial Rastra) untuk mengurangi beban masyarakat berpendapatan Rendah dalam hal ini Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui pemberian Bantuan Sosial berupa Beras Berkualitas Medium kepada KPM dengan jumlah jatah 10 Kg Setiap bulannya tanpa dikurangi harga / biaya tebus.

"Manfaat Bantuan ini merupakan peningkatan Ketahanan Pangan ditingkat KPM, sekaligus sebagai mekanisme Perlindungan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan," ujarnya

Selain itu, lanjut Nurdin, ini juga bertujuan untuk peningkatan akses Pangan baik secara fisik, maupun Ekonomi yang disalurkan tanpa dikenakan biaya tebus kepada KPM,  Sebagai pasar bagi Hasil Usaha Tani Padi, Serta menjaga stabilitas harga beras di pasaran.

" Ini bisa mengendalikan Inflasi melalui Intervensi Pemerintah dan menjaga stok Pangan Nasional dan Membantu pertumbuhan Ekonomi Daerah," jelasnya

Sementara itu, Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak dalam sambutannya menuturkan, Pemerintah Daerah membuat papan nama di setiap rumah warga penerima rastra, hal ini dilakukan agar penyaluran rastra ini bisa tepat sasaran.

"Sudah ada warga yang tidak mau lagi menerima beras rastra, karena merasa sudah mampu dan juga malu di pasangi papan rumahnya sebagai penerima rastra," ujar Kaswadi

Dirinya berharap, petugas senantiasa bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat serta Desa dan Lurah agar bisa menyampaikan ke tingkat Kabupaten kalau masih ada masyarakat kita yang kurang mampu dan belum mendapatkan bantuan rastra.

"Kami berusaha agar masyarakat yang berhak menerima rastra bisa mendapatkan bantuan. Dan saya mohon yang tidak berhak tolong jangan diterima," harapnya

" Alhamdulillah melalui kerjasama dengan Bulog, hari ini kita mencoba launching pendistribusian perdana Bantuan Sosial Pangan (Bantuan Sosial Rastra)  Kabupaten Soppeng melalui APBD tahun anggaran 2018," tambah Mantan ketua DPRD dua periode ini.

Untuk diketahui,  tahun 2018 sebanyak 1.462 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Dangan subsidi  10 Kg selama 9 bulan. Karena program ini mulai dilaksanakan pada April 2018 yang lalu.

"Jika diakumulasikan, bantuan rastra yang digelontorkan  menggunaka dana APBD senilai Rp. 1.315.000.000. Insya Allah tahun yang akan datang kita akan coba evaluasi lagi mudah mudahan APBD Daerah memungkinkan untuk kita laksanakan lagi," jelas Kaswadi (**)
loading...
close
Rakyatsatu