Masyarakat di Lokasi TMMD ke-102 Kodim 1415/Kep Selayar Diajak Manfaatkan Pekarangan Rumahnya

Masyarakat di Lokasi TMMD ke-102 Kodim 1415/Kep Selayar Diajak Manfaatkan Pekarangan Rumahnya
RAKYATSATU COM, SELAYAR - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Selayar, mengajak masyarakat yang berada di sekitar lokasi TMMD ke-102 Kodim 1415/Kep Selayar memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk ditanami tanaman pala.

Pejabat Fungsional Penyuluh Pertanian Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kep Selayar, Hj Andi Maulana mengutarakan pemanfaatan pekarangan halaman rumah sangat penting agar dapat menghasilkan penghasilan tambahan.

Selain itu, halaman pekarangan rumah apabila dirawat dengan baik maka tanaman bisa tumbuh subur dan menghasilkan banyak buah. Apalagi tanaman pala sangat cocok di dengan struktur tanah di sekitar lokasi TMMD ke-102 di Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kep Selayar.

"Agar bisa tumbuh subur dan menghasilkan banyak buah, komoditas tanaman pala membutuhkan ketelatenan, perhatian extra, dan keseriusan dari sisi pemenuhan kebutuhan perawatan tanaman dengan mempertimbangkan struktur tanah Kecamatan Bontosikuyu sangat tepat dan cocok untuk dijadikan sebagai kawasan pengembangan budidaya tanaman pala," ujar Hj Andi Maulana, Selasa (17/07)

Pada kesempatan tersebut, Hj. Andi Maulana, menyerahkan dan ikut menanam tujuh ribu (7000) pohon pala yang menandai dimulainya kegiatan TMMD 102 tahun 2018, di wilayah Kodim 1415/Kepulauan Selayar, untuk kategori sasaran non fisik.

Selain menitipkan harapan tata cara perawatan tanaman pala, Hj Andi Maulana turut menghimbau dan mengingatkan masyarakat untuk memulai kegiatan pemanfaatan pekarangan sebagai salah satu bentuk sarana pendukung dalam kerangka pemenuhan kebutuhan sandan pangan keluarga sehari-hari.

Ia mengingatkan masyarakat untuk tidak berputus asa dalam memanfaatkan pekarangan rumah sebagai media tanam, karena kegiatan pemanfaatan pekarangan dapat diawali dengan melakukan kegiatan penanaman umbi-umbian, kacang-kacangan, tomat, cabe, dan jenis tanaman hortikultura lainnya.

Andi Maulana berharap, penataan dan pemanfaatan lahan pekarangan rumah sebagai media bercocok tanam akan berdampak secara positif terhadap kelestarian lingkungan kehidupan masyarakat. Dengan demikian, masyarakat akan dapat secara perlahan-lahan menekan dan mengurangi belanja kebutuhan harian rumah tangga, terutama untuk menutupi kebutuhan sayur-mayur. 

Selain memberikan bantuan bibit tanaman pala, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kep Selayar memberikan bula bantuan bibit tanaman cengkeh, mangga, serta tanaman hortikultura lainnya yang dianggap sesuai dengan suhu dan kultur tanah kampung Lopi-Lopi. (Rasul)
loading...
close
Rakyatsatu