Ini Tujuh Kecamatan di Bone Dapat Bantuan PISEW

Ini Tujuh Kecamatan di Bone Dapat Bantuan PISEW
RAKYATSATU.COM, MAKASSAR - Dari 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Bone, Tujuh (7) kecamatan diantaranya berhasil mendapatkan bantuan Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) Tahun Anggaran (TA) 2018.

Ketujuh kecamatan tersebut yakni, Kecamatan Libureng, Sibulue, Ponre, Lappariaja, Tellulimpoe, Awangpone, dan Kecamatan Tellu Siattinge. Setiap kecamatan mendapatkan alokasi sekira Rp 600 juta.

Hal itu terbukti saat Penjabat (Pj) Bupati Bone, Ir H Andi Bakti Haruni, C.E.S mengikuti Rapat Koordinasi PISEW Provinsi Sulsel TA 2018, dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dirjen Cipta Karya, Direktorat Pengembangan Pemukiman dan Satuan Kerja Pengembangan Kawasan Perumahan Sulsel, di Fourpoint Makassar, Jumat (11/05).

Ir H Andi Bakti Haruni menjelaskan bahwa PISEW untuk tahun 2018 ini yang terbagi di 14 kabupaten dengan 66 kecamatan.

"Khusus Kabupaten Bone ada 7 kecamatan dengan alokasi anggaran setiap kecamatan sekira Rp 600 juta. Ini diperuntukkan untuk pembangunan infrastruktur wilayah yang bersifat padat karya," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa hal tersebut dikelola atau pelaksana kegiatan adalah Badan Kerjasama Antar Desa dibawah arahan dan pembinaan camat. Badan Kerjasama Antar Desa tersebut harua bersungguh-sungguh mengelola kegiatan.

"Tugas Pemda melalui Tim Pelaksana kabupaten melakukan pembinaan, koordinasi dan monitoring evaluasi (monev)," tegasnya.

Ia juga menegaskan bahwa ini harus tepat sasaran (penatausahaan) yang baik, perlu melibatkan masyarakat dari perencanaan sampai operasi dan pemeliharaan.

"Masyarakat harus dilibatkan karena masalah yang sering dijumpai adalah adanya konflik kepentingan antar tokoh dan kepentingan desa. Nah hal itu harus diminimalisir," tegas H Andi Bakti.

Ia menambahkan bahwa Program ini merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mengatasi ketimpangan antar wilayah melalui PISEW, intervensi yang akan dilakukan adalah penyediaan bantuan tekhnis serta pemberian bantuan stimulus Infrastruktur Sosial dan Ekonomi dasar yang dianggap akan dapat mendukung upaya pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat, melalui mekanisme yang partisipatif dan sinkron dengan sistem perencanaan pembangunan yang ada. 

Maka dengan ini, PNPM-PISEW bertujuan untuk mempercepat pembangunan ekonomi masyarakat yang berbasis sumberdaya lokal, mengurangi kesenjangan antar wilayah, pengentasan kemiskinan di daerah pedesaan serta memperbaiki pengelolaan pemerintah di tingkat lokal dan penguatan institusi di pedesaan.  (Rasul)
loading...
close
Rakyatsatu