Lepas Tim Enumerator, Ini Harapan Plh Sekda Sinjai

Lepas Tim Enumerator, Ini Harapan Plh Sekda Sinjai
RAKYATSATU.COM, SINJAI - Bupati Sinjai yang di Wakili oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekda Sinjai, Andi Halilintar Badong menghadiri acara Pelepasan Tim Enumerator, Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kabupaten Sinjai, di Aula  Dinas Kesehatan Sinjai,  Jumat (20/04).

Dalam sambutannya, Andi Halilintar, mengatakan bahwa Riskesdas merupakan penelitian berbasis komunitas yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia setiap 5 (Lima) Tahun sekali.

Menurutnya, Banyaknya data yang dikumpulkan dengan berbagai metode dan pelaksanaan integrasi yang membutuhkan keterlibatan banyak instansi maka mekanisme pelaksanaan menjadi hal penting yang harus mendapat perhatian. 

"Oleh karena itu ucapan terima kasih terhadap Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai dan Jajarannya yang telah menyiapkan tenaga pengumpul data yang akan berjuang di lapangan selama kurang lebih dua bulan untuk mempersembahkan data yang terbaik," katanya.

Selain itu, lanjut Halilintar, ucapan yang sama juga Ia persembahkan kepada kepala BPS Kabupaten Sinjai dan Jajarannya yang telah hadir dalam acara ini serta telah menyiapkan data Blok Sensus dan Daftar Rumah Tangga yang akan dikunjungi serta menyiapkan tenaga pendamping atau penunjuk jalan sehingga diharapkan bahwa semua responden yang akan dikunjungi betul-betul berada di lokasi dan tidak salah sasaran. 

"Kami berharap (Tenaga Pengumpul Data) Riset Kesehatan Dasar untuk dapat bekerja dengan baik, dan ingat jangan sekali-kali memanipulasi data, karena data yang Saudara kumpulkan nantinnya akan menjadi penentu arah kebijakan strategis untuk kepentingan masyarakat kabupaten Sinjai dan Indonesia 5 Tahun atau bahkan 10 tahun yang akan datang," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kab. Sinjai Andi Suryanto Asapa dalam sambutannya mengatakan Peserta Enumerator ini terdiri dari 16 Orang khusus di Kabupaten Sinjai dimana sebelumnya sudah mengikuti seleksi untuk menjadi peserta, kemudian telah mengikuti pembekalan dan di TC oleh pelatih nasional Ritkesdas selama 9 (Sembilan) hari di Makassar.

Lanjutnya, kegiatan Ritkesdas ini juga melibatkan 28 orang PJCl dari pihak BPS 52 blok sensus yang tersebar di 9 (Sembilan Kecamatan). Adapun tujuan daripada Ritkesdas ini adalah sebagai acuan dalam memberikan informasi kesehatan yang dapat menggambarkan capaian pelaksanaan Program yang terintegrasi dengan Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) Tahun 2018 dalam mendukung Kebijakan One Data, yaitu tidak ada 2 (dua) angka yang berbeda untuk indikator yang sama pada tahun yang sama. 

"Semoga Allah SWT, memberkati kita semua dan memberikan kemudahan dan kesehatan yang baik kepada para Enumerator dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab," pungkas dr. Dedeth. (Asdar) 
loading...
close
Rakyatsatu