Wah, Ternyata Pungut Sampah di Toraja Dapat Keuntungan Fantastik, Tertarik..??

Wah, Ternyata Pungut Sampah di Toraja Dapat Keuntungan Fantastik, Tertarik..??
RAKYATSATU.COM, TORAJA - Sampah yang identik dengan kata kotor atau jorok, ternyata justru menjadi sebuah sumber penghasilan yang patut diperhitungkan.

Berawal dari aksi peduli lingkungan yang selalu disuarakan tim Toraya Masero, salah satu warga Toraja  Indo' Sarjani La'lang yang tinggal di Lembang Landorundun, Kecamatan Sesean Suloara Toraja Utara, mengumpulkan sampah di sekitar rumahnya yang berserakan.

Indo' Sarjani mengumpulkan sampah botol/gelas plastik mineral serta kaleng minuman ringan sisa acara di Tongkonannya.

Hasilnya adalah 21 kg sampah botol plastik dan 16 kg kaleng minuman yang dijual kepada pengepul sampah di Tallung Lipu yang mencapai lima ratus ribu.

Hasil penjualan sampah plastik dan kaleng ini pun digunakan untuk membeli buku bacaan pada homestay-nya.

Habib Panggalo dari
Toraya Masero mengatakan aksi Indo' Sarjani sudah memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan Tongkonannya dan tidak malu untuk mengumpulkan sampah.

Tim Toraya Masero akan selalu berperan untuk mempromosikan upaya walaupun kecil dan sederhana dari masyarakat Toraja dalam membantu menjaga kebersihan lingkungannya.

Pungut sampah juga sebagai bentuk kampanye kebersihan dan pengurangan sampah plastik yang merupakan program Visit Toraja sebagai promosi pariwisata Toraja. (Kris)


loading...
close
Rakyatsatu