Iklan

Iklan

Deklarasi Kalong Kesorga, Ini Harapan Bupati Soppeng

14 Juli 2017, 10:55 AM WIB Last Updated 2017-08-02T16:14:30Z
RAKYATSATU.COM, SOPPENG - Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak resmi mendeklarasikan Kota Latemmamala ‎Tonggak Kesehatan Olahraga (Kalong Kesorga) dengan tema bergerak bersama menuju Soppeng yang lebih sehat, di lapangan Gasis  Watansoppeng, Jumat (14/7).

‎Ketua Panitia Kalong Kesorga A‎sriadi, mengatakan tujuan deklarasi Kalong Kesorga untuk meningkatkan Kepedulian setiap elemen masyarakat agar berpartisipasi secara aktif sehingga sadar akan pentingnya membudayakan aktifitas fisik dalam kehidupan sehari-hari.
“Juga untuk meneguhkan komitmen serta koordinasi antar elemen masyarakat dalam pembudayaan aktifitas fisik sebagai unsur penting dalam menjaga kebugaran dan produktifitas,” katanya.
Bupati Soppeng Andi Kawadi Razak dalam sambutannya mengatakan, secara nasional  saat ini Indonesia tengah menghadapi tantangan besar yakni beban ganda masalah kesehatan, karena masih adanya penyakit infeksi , meningkatnya penyakit tidak menular(ptm) dan penyakit yang seharusnya sudah teratasi muncul kembali, pada era 1990.

Penyakit menular seperti Ispa, tbc, dan diare merupakan penyakit terbanyak dalam pelayanan menjadi kesehatan, namun perubahan gaya hidup masyarakat menjadi salah satu penyebab terjadi pergeseran pola penyakit (transisi epidemiologi) pada tahun 2015, ptm seperti stroke , penyakit jantung koroner(pjk), kanker dan diabetes justru menduduki peringkat tertinggi.
“Gerakan masyarakat hidup sehat (germas) merupakan suatu tindakan  sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen masyarakat dengan menginisiasi gerakan berbasis masyarakat yang dinamakan  kalong kesorga,” jelas Kaswadi.
Bupati mengharapkan gerakan masyarakat hidup sehat difokuskan pada kegiatan, yakni, ‎melakukan aktifitas fisik, ‎mengomsumsi sayur dan buah dan m‎emeriksa kesehatan secara rutin. (Rls)
Komentar

Tampilkan

  • Deklarasi Kalong Kesorga, Ini Harapan Bupati Soppeng
  • 0

Terkini

Iklan